Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Konsep Kepemimpinan

1 min read

Pengertian Konsep Kepemimpinan

Apa itu arti dan konsep kepemimpinan? Arti dari kepemimpinan itu sendiri adalah kapabilitas seseorang untuk mempengaruhi individu atau masyarakat untuk bisa sampai pada tujuan tertentu. Ini menyangkut pada tujuan sebuah organisasi atau golongan, pendapat ini berasal dari Stephen P. Robbins.

Sementara istilah pemimpin sendiri merupakan individu yang diberi kesempatan untuk menjadi ketua suatu organisasi untuk bisa mencapai tujuan dari sebuah organisasi.

Daftar Isi

Pengertian

Berdasarkan teori dari M. Josephson konsep tentang kepemimpinan adalah

  • Kepemimpinan adalah buah dari hubungan tiap individu dalam organisasi atau golongan. Kepemimpinan lahir bukanlah status atau derajat seseorang. Karena status bisa saja menghancurkan kepemimpinan itu sendiri ataupun sebaliknya.
  • Setiap individu dalam suatu golongan atau organisasi memiliki potensi dan kapasitas untuk memimpin dan bisa menunjukan perilaku kepemimpinan.
  • Jika individu menjadi pemimpin dalam suatu waktu bukan berarti pada waktu yang akan datang juga menjadi pemimpin. Itu juga berlaku dengan kepemimpinan berganti waktu demi waktu.
  • Kepemimpinan bisa dinilai dari seberapa kualitas pemimpin dalam merencanakan dan meraih tujuan serta kekompakan pada suatu golongan atau organisasi.

Berlandaskan teori yang telah diungkapkan bisa dikatakan dengan jelas bahwa kepemimpinan itu sangat terbatas. Karena kepemimpinan hanya bisa dipakai hanya pada suatu waktu dan bisa dipakai oleh setiap orang dalam lingkup golongan atau organisasi.

Sifat Kepemimpinan

Sifat Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Konsep kepemimpinan berdasarkan traits theory of leadership ini mengungkapkan bahwa pemimpin mempunyai karakter khusus yang bisa membuat mereka diikuti karena kecakapan memimpinnya.

Akan susah bila merumuskan satu-satu apa saja sifat pemimpin yang harus dimiliki. Karena kepemimpinan adalah sebuah sikap dan perilaku yang menjadi bawaan seseorang. Namun Abu Ahmadi (2007:122-123)  berpendapat terdapat beberapa sifat pemimpin, yakni: Cakap, memiliki rasa tanggung jawab, berani, memiliki visi yang jelas, percaya diri, rajin dan tangkas.

Setelah mengungkapkan beberapa konsep tentang karakter pemimpin, dari apa yang telah diteliti Keith Davis mengungkapkan bahwa terdapat empat karakter utama, yakni

Kecerdasan

Instrumen ini merupakan sebuah barang wajib bila ingin menjadi pemimpin efektif karena dengan instrumen ini kerja dari sebuah organisasi/kelompok/perusahaan akan semakin terarah dan tepat dalam mencapai tujuan.

Matang dan Sosial

Instrumen lain yang bisa menentukan pemimpin efektif adalah kematangan mental dan emosinya ketimbang anggota lain di organisasinya. Kematangan emosi bisa membuat masalah bisa diatasi dengan tenang. Sementar Instrumen berupa kecakapan sosial ini berfungsi untuk meyakinkan setiap tujuan yang ada di masyarakat/kelompok untuk bernegosiasi dan meyakinkan dalam mencapai tujuan.

Motivasi

Instrumen ini berupa keinginan yang kuat untuk berprestasi bisa membuat suatu organisasi bisa lebih efektif dalam memperoleh misa yang telah dicanangkan. Motivasi merupakan dorongan yang kuat dalam diri untuk bisa mencapai target dengan sukses.

Empati

Instrumen ini adalah cara pemimpin untuk bisa memahami apa yang orang lain rasakan. Karena dalam sebuah mencapai tujuan, pemimpin tahu bahwa organisasi membutuhkan kerjasama dan kekompakan anggota. Empati pada pemimpin bisa membuat lingkungan lebih efektif dalam mencapai tujuan.

Kesimpulan

Berdasarkan berbagai pendapat bisa disimpulkan bahwa konsep kepemimpinan adalah seseorang bisa menjadi pemimpin jika mereka mempunyai kualitas yang sesuai dengan sifat yang dibutuhkan sebagai seorang pemimpin. Oleh sebab itu kesuksesan kepemimpinan bisa ditentukan oleh sifat dan karakter yang dipunyai pemimpin.

Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *