Menghormati Guru

2 min read

Cara menghormati guru dalam islam

Menghormati guru merupakan budaya bangsa yang harus tetap dijaga kelangsungannya untuk generasi yang akan datang. Bentuk penghargaan oleh siswa kepada guru ini tidak perlu ada sematan bahwa hal tersebut merupakan bentuk tindakan terpuji atau hal lain dengan embel-embel positif lain karena menghormati dan berbakti kepada guru merupakan tindakan yang wajib.

Mengapa Kita Harus Menghormati Guru?

Alasan kenapa kita harus berbakti dan menghormati guru adalah, karena melalui gurulah ilmu pengetahuan bisa tersampaikan kepada kita semua. Meskipun ilmu bisa didapat dari mana saja akan tetapi tanpa ada bimbingan dari seorang guru, bisa saja ilmu tersebut bisa disalahguna atau kurang mendalam dalam hal arti atau esensi.

Berdasarkan buku Kelas 7 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, berikut merupakan keutamaan hormat kepada guru:Ilmu yang didapat bisa menjadi lebih berkah dalam setiap aktivitas kehidupan, Materi yang disampaikan akan lebih mengena, Ilmu yang di diperoleh dari guru akan lebih bermanfaat, akan terus didoakan oleh guru.

Cara Menghormati Guru

1. Berperilaku ramah dan lembut kepada Guru

Guru merupakan orang tua kedua kita yang ada di sekolah, mereka telah memberikan perhatiannya untuk kita demi kelangsungan pendidikan kita. Dengan berperilaku ramah kepada mereka, bisa memuluskan kita menjadi orang yang baik dari segi perilaku.

2. Mentaati Perintah Guru

Seorang guru pasti menginginkan siswanya melakukan hal yang positif dan mencegah siswanya untuk melakukan perbuatan buruk, baik itu dalam dan di luar lingkungan sekolah.

Salah satu langkah guru agar siswanya tidak terjerumus dalam perbuatan buruk pasti mereka memberikan suatu nasihat dan menuntun kita ke arah yang lebih baik, maka dari itu taatilah perintah guru.

3. Sopan dan Tidak Menyela Penjelasan Guru

Ketika guru sedang menerangkan pelajaran, alangkah baiknya jika kita memperhatikan dengan seksama, hindari memotong penjelasan guru secara sepihak. Jika dirasa pelajaran kurang dipahami bisa ajukan pertanyaan setelah guru berhenti menjelaskan.

4. Selalu Bersemangat Ketika Guru Mengajar

Ini adalah sikap yang sangat disukai guru, usahakan setiap mata pelajaran di mulai, jika kamu adalah seorang siswa usahakan memiliki motivasi tinggi dalam belajar, dengan begitu guru juga ikut termotivasi sehingga pembelajaran bisa lebih berenergi.

5. Minta Izin Jika Ada Keperluan

Ketika kita menginginkan sesuatu alangkah indahnya apabila kita mau meluangkan sejenak untuk meminta izin, apalagi apa yang kita minta bisa berdampak sesuatu kepada orang lain. Dengan meminta izin kita dilatih untuk menjaga hak orang lain. Meminta izin merupakan tanda kita memiliki tata krama yang bisa membuat orang lain nyaman. 

Simak juga: Hakikat Pendidikan

6. Mengucapkan Terima kasih

Mengucapkan terima kasih kepada orang lain merupakan salah satu cara kita bersyukur. Dengan mengucapkan terima kasih kepada guru, selain bisa menyenangkan hati guru juga bisa membuat kita lebih menghargai diri sendiri. 

Karena berterima kasih bisa membuat kita lebih mawas diri dengan apa yang telah diberikan. Selain itu dengan mengucapkan terima kasih bisa membuat guru bisa lebih merasa dihargai, dengan begitu guru bisa lebih bersemangat mengajari kita sesuatu.

7. Mengerjakan Tugas dari Guru

Berikut merupakan cara berbakti kepada guru yang bisa dilakukan adalah dengan mengerjakan setiap tugas yang diberikan guru. Tugas dari guru merupakan amanah yang kita emban, jadi apabila kita mendapatkan tugas dari guru, niatkan untuk latihan kita dalam mengemban amanah. Meskipun kecil tetapi dampaknya suatu saat pasti akan besar.

8. Meminta Bimbingan dan Doa

Tanda hormat kita kepada guru adalah dengan mengikutsertakan mereka ketika kita ingin mengambil keputusan besar. Misalnya ketika kita ingin menentukan perguruan tinggi mana yang harus dipilih atau meminta saran apa yang harus dipelajari untuk mencapai tujuan kita.

Dengan begitu guru merasa dihargai dan dibutuhkan pendapatnya untuk sebagai pertimbangan kita menentukan sesuatu. Tidak lupa mintalah doa kepada guru kita agar apa yang akan kita jalani bisa lebih lancar dan berkah.

9. Menjalin Silaturahmi Berkelanjutan

Selain menambah umur panjang melakukan silaturahmi juga membawa rezeki, karena dengan bersilaturahmi kita bisa menambah rasa persaudaraan yang bisa membawa kebahagiaan. Hal sederhana dalam melakukan silaturahmi yang sering kita lewatkan adalah bertegur sapa ketika di jalan, sebatas menanyakan kabar, bisa membuat guru kita bahagia.

Contoh Cara Menghormati Guru di Sekolah

Hormat dan berbakti kepada guru bisa dilaksanakan dengan berbagai macam, berikut diantaranya:

  • Sopan, menghargai dan rendah hati kepada guru.
  • Memberi salam jika bertemu dengan guru.
  • Menyimak dengan perhatian setiap ucapan guru baik itu di kelas maupun di luar kelas.
  • Mau mematuhi segala nasihat dan peraturan yang diberikan guru.
  • Melaksanakan ilmu yang telah didapat dengan baik.
  • Menghargai dan menjaga nama baik guru.
  • Melakukan komunikasi dengan lembut dan sopan.
  • Setia mendoakan keselamatan guru.
  • Selalu membicarakan dan mengenang guru dengan yang baik-baik.

Menghormati Guru dalam Islam

Contoh dan Hikmah menghormati guru

Berikut merupakan contoh cara menghormati guru yang ada dalam ajaran islam, Ini adalah cerita dari Imam Syafi’i yang hormat kepada gurunya:

Ketika Imam Syafi’i sedang mengasuh para santri, secara mengejutkan muncul seorang yang memiliki busana yang kumal, dekil dan lusuh. Meskipun begitu sang Imam langsung mendatangi orang tersebut lalu memeluknya dengan erat.

Atas kejadian tersebut para santri pun terkejut maka mereka pun mengajukan pertanyaan: Wahai guru, siapakah dia, sehingga engkau mau menggenggam dan memeluknya dengan erat, sedangkan dia kumal, lusuh dan dekil?

Imam Syafi’i pun menjawab: Dia merupakan guruku, dia merupakan orang yang sudah mengajariku mengenai apa itu anjing yang telah dewasa dan anjing yang masih anak-anak. Dengan bekal ilmu tersebut sehingga aku dapat menulis buku fiqih ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *