Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum

1 min read

Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum

Pada artikel ini akan membahas apa itu surat pernyataan pemberlakuan kurikulum pada sekolah atau lembaga pendidikan.

Manfaat dari surat ini adalah untuk mendapatkan sebuah penetapan dan juga kesempatan untuk perpanjangan standar akreditasi dari sekolah atau lembaga pendidikan.

Fungsi

Surat pernyataan pemberlakuan kurikulum merupakan surat yang menjadi salah satu syarat sebuah sekolah baik itu tingkat dasar (SD/MI), menengah (SMP/MTS) dan Atas (SMA/MA/SMK) dalam akreditasi.

Dalam pembuatannya format dari surat persyaratan akreditasi sekolah ini sebenarnya bisa diciptakan dengan bebas dan tidak harus dengan term tertentu.

Meskipun begitu masih banyak guru atau pelaksana yang ada sekolah penasaran dan harus tahu bagaimana format contoh dari surat pernyataan pemberlakuan kurikulum itu.

Alasan dari adanya contoh surat pernyataan pemberlakuan kurikulum sekolah ini adalah untuk diunggah pada sistem Sispena BANSM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah) .

Kurikulum

Secara pengertian, kurikulum adalah seperangkat program yang didalamnya terdapat pengaturan tentang isi, tujuan dan materi pelajaran, selain itu kurikulum juga berfungsi sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk meraih kompetensi atau tujuan pendidikan.

Akreditasi

Akreditasi adalah sebuah rasa penerimaan dari lembaga pemerintah kepada lembaga pendidikan baik itu swasta maupun negeri.

Sementara itu akreditasi sekolah adalah aktivitas evaluasi yang dilaksanakan sebuah lembaga independen dan atau lembaga pemerintah yang memiliki kuasa. Hal tersebut untuk memastikan kepantasan suatu lembaga pendidikan atau rencana yang akan dilakukan.

Fungsi dari akreditasi itu sendiri adalah untuk memastikan bahwa kualitas dari sebuah lembaga telah terukur dengan baik.

Selain itu akreditasi juga bisa menjadi informasi untuk masyarakat apakah lembaga pendidikan yang ada kredibel (baik/bagus) atau tidak. Terutama dalam melaksanakan aktivitas pendidikan.

Dalam akreditasi itu sendiri terdapat standar tersendiri yang bisa menjadi tolak ukur apakah sebuah lembaga pendidikan baik atau tidak akreditasinya. Untuk melihat standar tersebut berikut artikel standar nasional pendidikan.

Contoh Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum (SK atau Penetapan)

Ini adalah contoh surat yang dapat disajikan untuk sebuah pemberlakuan sebuah kurikulum pada sebuah lembaga pendidikan terutama di sekolah pada tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK.

Contoh Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum

Penutup

Setelah melakukan apa yang telah diperlukan seperti mengisi surat pernyataan pemberlakuan kurikulum. Surat harus diunggah pada aplikasi online bernama Data Isian Akreditasi (DIA) dari (BAN SM).

Sekolah harus melengkapi apa saja yang persyaratan isian yang ada di aplikasi DIA untuk penetapan, pernyataan dan pengajuan akreditasi sekolah.

Sesudah mengunduh surat pernyataan, berikutnya isi DIA pada aplikasi Sispena.

Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Pendidikan 4.0

Ginanjar Adhi
3 min read

Pendidikan Inklusif

Harisah Anis
3 min read

Hakikat Pendidikan

Bektio Pamungkas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *