Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Penelitian Deskriptif Kualitatif

2 min read

Penelitian Deskriptif Kualitatif

Penelitian deskriptif kualitatif kerap kali dipilih sebagai metode penelitian. Saat tulisan ilmiah dibuat, dibutuhkan metode untuk mengatasi masalah. Penelitian selanjutnya akan diuraikan dengan cara analisis untuk mendapatkan solusi dan kesimpulan sesuai dengan tujuan awal penelitian.

Pengertian Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan suatu populasi, kondisi atau kejadian secara sistematis dan akurat. Penelitian ini dapat menjawab pertanyaan seperti apa, di mana, kapan dan bagaimana, namun tidak bisa menjawab pertanyaan mengapa.

Penelitian deskriptif bisa memakai berbagai macam metode penelitian untuk menginvestigasi satu atau lebih variabel. Jenis penelitian ini cenderung tidak mengontrol atau memanipulasi variabel, penelitian deskriptif hanya bekerja untuk mengamati dan mengukurny, (Wikipedia).

Jadi tujuan dari penelitian deskripsi adalah membuat catatan deskripsi tentang representasi terstruktur yang berkaitan kejadian yang diteliti. Untuk memperoleh penjelasan yang presisi tentang sebuah populasi, menjelaskan prosedur sebuah hubungan. Membuat penjelasan menyeluruh dalam jenis angka atau verbal, menyediakan data dari dasar suatu hubungan dan membuat alat klasifikasi untuk subjek penelitian.

Metode ini juga bisa menjelaskan suatu proses untuk mengoleksi data yang bersifat kontradiktif dari subjek penelitian.

Pengertian Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dalam pelaksanaannya akan mengumpulkan dan menganalisis data non-numerik (bukan angka), contohnya adalah data teks, video, atau lisan audio.

Ini bertujuan agar peneliti mampu memahami opini, konsep atau pengalaman sehingga wawasan bisa terkumpul secara mendalam mengenai sebuah masalah yang nantinya bisa berguna untuk menghasilkan solusi, ide dan alternatif baru, (Wikipedia).

Penelitian kualitatif adalah kebalikan dari penelitian kuantitatif, di mana penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berfokus pada pengumpulan dan menganalisis data numerik untuk analisis statistik.

Dalam Moleong karya Taylor dan Bogdan menjelaskan bahwa penelitian kualitatif merupakan langkah penelitian yang memiliki hasil berupa informasi deskriptif verbal tulis maupun lisan. Ini bersumber dari orang yang sedang diteliti.

Dalam karyanya Sugiyono, penelitian kualitatif merupakan metode yang berdasarkan pada filsafat post positivisme yang dipakai untuk memahami situasi sebuah objek alami.

Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif

Pada penelitian kuantitatif, permulaan penelitian diawali dengan teori ke sebuah data dan memutuskan suatu kesimpulan berupa penolakan atau penerimaan sebuah teori.

Sementara pada penelitian kualitatif peneliti memulainya dari data dan menggunakan teori yang sudah ada sebagai landasan untuk menjelaskan dan sesi terakhir mengungkapkan simpulan dengan teori.

Pada penelitian kualitatif, data didapatkan dari berbagai referensi. Metode dalam penghimpunan data juga beragam yang mana dilaksanakan berulang-ulang hingga datanya penuh. Penghimpunan data utama dilakukan oleh para peneliti

Hipotesis pada penelitian kualitatif berlandaskan pada analisa dari data kualitatif yang dilakukan secara induktif, dan ditingkatkan alur koneksinya.

Langkah yang dilakukan pada penelitian ini adalah investigasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber dari penelitian ini merupakan narasumber yang digunakan untuk menggali informasi mengenai keadaan dan situasi latar penelitian.

Spradley menjelaskan, pada penelitian kualitatif tidak memakai kosakata populasi. Namun menggunakan situasi sosial yang memiliki tiga komponen dasar yakni aktivitas, pelaku dan tempat yang terkoneksi secara integral.

Langkah penelitian deskriptif kualitatif

Berikut merupakan langkah ringkas dari penelitian deskriptif kualitatif.

      1. Penelitian akan diawali dari sebuah dasar teori, lalu dilanjutkan ke data yang nantinya bisa disetujui atau ditolak. Di sini dasar teori bermanfaat sebagai penjelas.
      2. Berikutnya penelitian akan menuju ke pencarian narasumber untuk mengumpulkan data.
      3. Pada tahap Analisis data akan dilakukan dengan cara induktif yang nantinya akan ditemukan pola tertentu, dan selanjutnya akan menjadi hipotesis.
      4. Setelah hipotesis diuji maka bisa ditarik kesimpulan.

Baca juga: Penelitian Deskriptif

Memahami Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif

Metode penelitian deskriptif kualitatif berguna untuk menguraikan informasi kualitatif dan sekaligus untuk menggambarkan dengan jelas masalah yang sedang di teliti. Penelitian ini sering dipakai untuk menganalisis aktivitas dan fenomena sosial yang ada di lingkungan masyarakat.

Misalnya adalah untuk menerjemahkan data yang berkaitan dengan keadaan sosial, koneksi antar variabel yang terjadi, serta mengetahui munculnya fakta baru dan akibatnya kepada lingkungan dsb. Hasil dari deskriptif kualitatif adalah informasi empiris yang faktual. Bagi Anda yang ingin melakukan penelitian, metode deskriptif ini bisa menjadi pilihan.

Model penelitian deskriptif kualitatif menerjemahkan data berdasarkan dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Penelitian ini  mencetuskan suatu hubungan, pertentangan, kelakuan dan pandangan yang ada pada lingkungan narasumber.

Model penelitian deskriptif kualitatif mencerminkan situasi yang sebenarnya tanpa menambah-nambahkan dan rekayasa pada variabel. Model penelitian ini adalah model yang mendapatkan data dengan cara sesuai fakta di mana penelitian deskriptif  kualitatif lebih memfokuskan pada hasil dan maknanya.

Berdasarkan Nana Syaodih Sukmadinata mengungkapkan bahwa penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menceritakan dan memvisualkan kejadian-kejadian yang ada. Meski bersifat manipulasi dan alamiah manusia yang lebih menekankan pada kualitas, sifat, koneksi antar aktivitas.

Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

One Reply to “Penelitian Deskriptif Kualitatif”

  1. assalamuallaikum, izin bertanya min. kalau kita mau melakukan sebuah penelitian berdasarkan suatu faktor penyebab dan akan menjelaskan suatu peristiwa maka apakah itu termasuk deskriptif kualitatif?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *