Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Perangkat Pembelajaran

3 min read

Perangkat Pembelajaran dan untuk perangkat pembelajaran kurikulum 2013

Merencanakan sebelum melakukan adalah sesuatu hal yang bijak. Begitu juga guru yang akan melaksanakan belajar mengajar, guru bisa memulainya dari mempersiapkan dan merencanakan pembelajaran. Salah satu upaya agar pembelajaran bisa lebih efektif adalah dengan mengetahui apa itu perangkat pembelajaran.

Pengertian

Perangkat pembelajaran adalah kumpulan alat (bantu) yang digunakan guru agar kegiatan dan kinerja guru lebih maksimal dalam aktivitas pembelajaran, perangkat ini terdiri dari media, fasilitas, bahan dan panduan dsb, (bisa di lihat di bawah).

Perangkat pembelajaran mempunyai misi agar segala aktivitas guru dalam pembelajaran bisa lebih efisien dan efektif serta sukses. Selain itu manfaat atau fungsi dari perangkat pembelajaran itu sendiri adalah sebagai pedoman guru dalam aktivitas belajar mengajar.

Jadi perangkat pembelajaran adalah instrumen atau perlengkapan untuk melakukan kegiatan mendidik siswa. Perangkat pembelajaran merupakan pedoman guru untuk aktivitas pembelajaran, baik itu di dalam kelas, luar kelas dan laboratorium. Ini berdasarkan penuturan Zuhdan, (2012: 17).

Urutan Perangkat Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran

Terdapat beberapa perangkat pembelajaran yang bisa disiapkan agar pembelajaran bisa terlaksana dengan maksimal. Berikut daftarnya:

Silabus

Silabus adalah rencana detail mengenai susunan atau urutan mengajar guru yang dibuat dalam kategori tema atau mata pelajaran tertentu. Elemen dari silabus sendiri terdiri dari Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator Raihan Kompetensi, Materi/Konten Pembelajaran, Kuota Waktu, Penilaian serta Sumber Belajar yang dipakai.

Silabus juga bisa disebut sebagai rangkuman dari kurikulum sebab silabus terdiri dari media, target pencapaian dsb.

Elemen rinci silabus terdiri dari:

    • Batasan dan misi materi pelajaran yang akan disajikan kepada peserta didik.
    • Tujuan dan Sasaran dari suatu materi pembelajaran.
    • Keterampilan yang harus diraih oleh siswa pada setiap mata pelajaran yang disajikan.
    • Rancangan poin konsep materi yang diberikan kepada siswa.
    • Kegiatan dan referensi belajar yang menjadi penyokong kesuksesan dalam aktivitas pembelajaran.
    • Cara evaluasi yang dipakai dalam pembelajaran.

RPP

Adalah merupakan singkatan dari rencana pelaksanaan pembelajaran. RPP adalah tahapan yang kudu dilalui oleh guru pada aktivitas pembelajaran kepada siswa. RPP terdiri atas metode, model, instrumen penilaian, pelaksanaan dan evaluasi.

Ini adalah elemen yang terkandung pada RPP:

    • Indikator/parameter pembelajaran
    • Kompetensi dasar (KD) dan Standar kompetensi (SK)
    • Skenario Pembelajaran
    • Model Pembelajaran
    • LKS Lembar Kerja Siswa
    • Pokok pembahasan
    • Pengukuran Hasil Belajar
    • Sumber dan sarana/media/fasilitas dan Pembelajaran

Pada LKS lembar kerja siswa adalah kegiatan siswa dalam melaksanakan aktivitas investigasi dan problem solving.

Kalender Akademik

Kalender pendidikan atau akademik adalah manajemen waktu untuk aktivitas belajar mengajar siswa dalam satu tahun ajaran. Di dalamnya terdiri dari manajemen waktu pembelajaran seperti UAS dan UTS, tahun ajaran, minggu belajar efektif dan hari libur.

Prota

Adalah singkatan dari program tahunan, yang berguna untuk mengetahui batasan dari sebuah materi yang telah ditetapkan sebelumnya di dalam tabel program tahunan. Prota terdiri dari informasi materi pelajaran dalam rentang satu tahun pembelajaran.

Dan dalam satu tahun terdiri atas dua semester dan prota dibuat berlandasan program semester tersebut.

Promes

Promes adalah singkatan dari program semester yang berguna untuk mendeskripsikan pemberian materi dalam rentang waktu satu semester berlandaskan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang sudah dibuat di Standar Isi.

Rincian Pekan Efektif

Rincian pekan efektif adalah perhitungan jam efektif pada setiap mata pelajaran dalam satu minggu. Detail bisa berupa jam efektif dan tidak efektif dalam satu minggu di satu semester.

RPE merupakan hasil analisa pada manajemen waktu yang efektif pada saat tahun ajaran dilaksanakan. Dalam membuat RPE guru harus mengacu pada kalender pendidikan/akademik yang telah disusun. RPE bisa berfungsi untuk panduan guru ketika menetapkan hari efektif dalam aktivitas pembelajaran.

Buku Absen

Buku absen merupakan buku yang memuat nama lengkap siswa pada suatu kelas. Kegunaan dari buku absen adalah untuk memantau kedatangan siswa di kelas.

Buku Jurnal

Buku jurnal merupakan buku yang memuat tentang catatan sikap siswa pada saat aktivitas pembelajaran dilakukan. Catatan tersebut mulai dari sikap tanggung jawab, kerja kelompok aturan dll.

Buku Penilaian

Buku penilaian ini berfungsi untuk mencatat segala informasi dari hasil evaluasi belajar siswa.

Bundel Portofolio

Kita sering menyebutnya clipping yang merupakan kumpulan tugas yang dikerjakan peserta didik. Bundel portofolio berguna untuk mengawasi setiap peningkatan yang dilakukan siswa dalam aktivitas pembelajaran. Ini berguna agar siswa bisa mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Dengan bundel ini guru bisa mengetahui cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan siswa dan bisa memutuskan metode atau model apa yang harus dilaksanakan.

Bank Soal

Seperti namanya, bank soal merupakan buku yang terdiri dari himpunan soal yang nantinya diberikan ke siswa untuk mengembangkan daya pikir dan penyelesaian masalah pada aktivitas pembelajaran.

Media

Ketika pelaksanaan dan presentasi pembelajaran dimulai. Media adalah salah satu elemen yang penting dalam kesuksesan pembelajaran karena media pembelajaran berguna untuk menunjang materi atau konten pembelajaran. Keputusan dalam memilih media mana yang cocok untuk siswa adalah sebuah tantangan bagi guru dalam mengasah daya analisa dan kreativitasnya.

Lihat juga: Media Pembelajaran

Manfaat Perangkat Pembelajaran Bagi Guru

Pada bagian ini akan diuraikan manfaat dan kegunaan perangkat pembelajaran bagi guru

Perangkat Pembelajaran sebagai Pedoman

Selain bisa menjadi panduan guru ketika ktivitas pembelajaran terjadi stagnasi atau kebingungan, perangkat pembelajaran juga bisa meningkatkan kapabilitas guru dalam mengajar.

Sebagai Perbandingan Tolak Ukur/Eevaluasi

Dengan perangkat pembelajaran, guru bisa menilai hasil kerjanya selama mengajar. Selain itu guru juga bisa melakukan evaluasi/refleksi agar pembelajaran bisa ditingkatkan dari segi kinerja dan cara mengajar agar siswa bisa lebih berkembang.

Peningkatan Profesionalisme

Selain menjadi pelengkap administrasi, perangkat pembelajaran juga bisa mengembangkan kedewasaan guru dalam ranah profesional. Guru bisa memaksimalkan dirinya menjadi seorang guru ideal dengan cara melakukan evaluasi kinerja dari waktu ke waktu. Sehingga kapabilitas guru bisa naik level.

Mempermudah

Dengan instrumen ini guru bisa lebih mudah dalam aktivitas pembelajaran. Karena dengan administrasi dan tujuan yang jelas bisa menjadikan guru bisa lebih fokus pada proses pembelajaran. Terutama pada implementasi perangkat pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2018 sebagai kelancaran aktivitas.

Referensi

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.
https://id.wikipedia.org/wiki/Silabus
Cara Menyusun dan Jenis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013″. MA Insan Generasi Islami (dalam bahasa Inggris). 2019-01-04. Diakses tanggal 2019-06-25.

Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

3 Replies to “Perangkat Pembelajaran”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.