Bektio Pamungkas Tio suka menulis, suka melakukan apapun yang penting bermanfaat

Computational Thinking

2 min read

Computational Thinking adalah

Keterampilan dalam Computational Thinking atau berpikir secara komputasi menjadi sangat urgen dan sangat dibutuhkan pada era sekarang ini. Dimana keterampilan ini digunakan untuk pemecahan masalah yang akan sangat berguna untuk permasalahan, isu, topik dimas sekarang dan akan datang.

Pengertian

Berpikir komputasi atau Computational thinking adalah sebuah cara pemecahan masalah yang dalam penerapannya menggunakan penulisan program seperti pada coding komputer yang terstruktur, sistematis dan runtut.

Pada pembelajaran, computational thinking merupakan masuk dalam ranah keterampilan kognitif. Dimana siswa akan dikenalkan dengan pemecahan masalah yang rumit menjadi tahap-tahap yang lebih sederhana, mengenali sebuah pola, mensetting dan menciptakan serangkaian tahapan untuk memperoleh solusi, serta menyusun sebuah tafsir data dengan simulasi.

Secara sederhana computational thinking bukanlah cara berpikir layaknya komputer. Namun computational thinking merupakan cara yang mengharuskan seseorang untuk merumuskan masalah seperti halnya masalah dalam komputer serta membuat pemecahan masalah komputer yang sesuai dengan algoritma (aturan).

Berdasarkan apa yang telah disampaikan di atas, computational thinking memiliki dua definisi yang bisa dipakai yakni:

  • Computational thinking adalah cara, proses dan metode berpikir yang tidak ada sangkut pautnya dengan teknologi.
  • Computational thinking adalah cara pemecahan masalah yang disusun untuk bisa menyelesaikan dan diterapkan oleh komputer dan manusia.

Berpikir komputasi merupakan keterampilan prasyarat untuk bisa memahami teknologi masa depan. Keterampilan ini merupakan proses berpikir, bukan kumpulan pengetahuan mengenai sebuah objek atau bahasa tertentu.

Dengan begitu berpikir komputasi bisa menjadi bagian alat pembelajaran yang bisa diajarkan di kelas. Karena dengan adanya computational thinking atau berpikir komputasi siswa atau seseorang individu akan lebih bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Apa itu Computational Thinking?

Keyword yang sangat penting dalam computational thinking (4 metode) adalah dekomposisi, pattern recognition, abstraksi, algoritma.

Agar pembaca bisa lebih memahami apa itu berpikir komputasi atau computational thinking, ini adalah metode yang biasa digunakan para penulis program, berikut diantaranya:

Decomposition, merupakan keterampilan dalam menguraikan data, masalah dan proses menjadi kepingan yang lebih kecil dan sederhana atau bisa juga menjadi bagian yang didalamnya bisa lebih gampang untuk dikelola.

Pattern Recognition, merupakan keterampilan untuk menemukan dan mengidentifikasi persamaan atau perbedaan dari perilaku, pola atau bentuk pada sebuah data. Hal tersebut bisa dipakai dan dimanfaatkan untuk menciptakan prediksi.

Abstraksi, merupakan keterampilan untuk mengumumkan (generalisasi), proses ini biasanya menggunakan cara induktif. Hal tersebut bisa digunakan untuk mengidentifikasi dan memperoleh sebuah perilaku, pola.

Algorithm Design, merupakan keterampilan untuk memperoleh informasi dalam memecahkan masalah yang sama dengan perlahan, bertahap, satu demi satu, terstruktur. Ini bermanfaat agar setiap orang bisa memakai informasi/panduan/tahapan tersebut untuk memecahkan masalah yang sama.

Karakteristik

Berikut merupakan karakteristik dari berpikir komputasi atau computational thinking:

  • Bisa digunakan untuk mengatasi masalah dalam komputer atau piranti lain.
  • Dapat mengkategorisasi, menstrukturkan, dan mengorganisasikan serta menganalisis data.
  • Bisa untuk menafsirkan data dengan cara abstraksi dari sebuah simulasi atau model.
  • Dapat memberikan solusi otomatis dengan adanya algoritma yang telah dibuat.
  • Bisa melaksanakan sebuah analisis, identifikasi dan penerapan dalam mengatasi masalah dengan berbagai metode, cara, tahapan secara efektif dan efisien.
  • dapat melaksanakan generalisasi masalah dan solusi untuk berbagai topik, isu dan masalah yang berbeda.

Bila terdapat masalah yang ada dalam computational thinking berikut merupakan tahapan dasar yang bisa menjadi panduan, diantaranya adalah Identifikasi masalah, penetapan masalah, uji kembali masalah, implementasi dengan sebuah persiapan dan rencana, mengetahui resiko apa saja yang didapat.

Kesimpulan

Computational thinking atau berpikir komputasi memiliki fungsi dan tujuan untuk memecahkan masalah. Dimana permasalahan tidak hanya pada ranah pengetahuan komputer, namun juga pemecahan masalah lain yang berbeda-beda.

Kita bisa ambil contoh pada machine learning dimana hal tersebut telah meningkatkan kinerja dan keefektifan dari pada ilmu statistika. Sementara pada ranah biologi data mining bisa melaksanakan identifikasi data dan memperoleh sebuah pola-pola.

Ini menjadikan penguatan bahwa computational thinking merupakan metode penyelesaian masalah yang dalam implementasinya bisa ada di berbagai ranah kehidupan dan ilmu pengetahuan. Maka dari itu keterampilan computational thinking menjadi sangat urgen untuk kehidupan modern saat ini.

Bektio Pamungkas Tio suka menulis, suka melakukan apapun yang penting bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *