Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Lesson Study

2 min read

Lesson Study

Lesson study adalah model yang berusaha untuk mengembangkan mutu dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru secara kooperatif (kerjasama).

Dan pada tahapannya adalah mendesain pembelajaran agar bisa sampai tujuan yang diantaranya yaitu mengamati aktivitas pembelajaran yang dilanjutkan refleksi dan evaluasi.

Pendahuluan

Lesson study adalah usaha untuk mengembangkan aktivitas dan hasil dan pembelajaran yang diimplementasikan oleh siswa dan guru.

Esensi dari lesson study sendiri adalah proses dan kegiatan siswa di dalam kelas, dengan anggapan bahwa aktivitas siswa tersebut berkaitan dengan aktivitas guru saat mempresentasikan materi di kelas.

Pengertian menurut para ahli

Sedangkan berdasarkan Daryanto (2012 : 42) lesson study ialah model bimbingan profesi pendidik dengan membahas pembelajaran secara bersama-sama dan berkesinambungan sesuai dengan prinsip mutual learning. Sehingga komunitas belajar bisa terbentuk. Lesson study bisa bermanfaat sebagai aktivitas pembelajaran yang adaptif dengan situasi dan persoalan yang menghadang pengajar.

Berdasarkan Kopp (Sudarmanto, 2008: 9) Lesson study merupakan aktivitas peningkatan kompetensi profesional guru yang dikembangkan dengan terstruktur oleh pendidikan jepang yang mempunyai misi untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran lebih stabil dan efektif.

Tujuan lesson study

Ini adalah tujuan dari Lesson study berdasarkan pemaparan Sudarmanto (2006: 50):

  • Pengetahuan mengenai bahan pelajaran menjadi berkembang.
  • Terdorong untuk selalu meningkatkan kualitas diri.
  • Mutu dalam pembuatan rencana pembelajaran menjadi meningkat.
  • Keahlian dalam observasi kegiatan belajar menjadi berkembang.
  • Hubungan antara partner guru menjadi lebih cari.
  • Pemahaman mengenai pembelajaran menjadi meningkat.

Cermati juga: Tujuan Pembelajaran

Langkah Lesson Study

Tentang tahapan atau langkah-langkahnya, Lesson study ada beberapa buah pikiran, dan pada artikel ini mengambil buah pikiran dari Bill Cerbin dan Bryan Kopp, berikut adalah langkah dan penjelasannya.

  1. Pada langkah pertama Form a Team: membuat grup belajar dengan jumlah anggota 2 hingga 6 orang. Di dalam grup belajar ini terdapat anggota sesuai dengan kemampuannya.
  2. Pada bagian kedua Develop Student Learning Goals: yakni setiap orang di grup akan membicarakan materi yang akan dibahas untuk siswa.
  3. Lain halnya dengan aktivitas ketiga Plan the Research Lesson: Guru akan merencanakan pembelajaran untuk memperoleh tujuan belajar dan mempersiapkan segala respon siswa.
  4. Pada proses keempat ini  satu dari anggota grup akan melakukan pembelajaran, sedangkan guru lain akan mengamati dan menghimpun data dari pembelajaran.
  5. Sementara bagian lima Analyze Evidence of Learning: grup akan membahas hasil dan akan mengukur perkembangan dalam meraih tujuan pembelajaran.
  6. Repeat the Process: Grup belajar akan memperbaiki sistem pembelajaran dan selanjutnya mengulangi langkah dari proses nomer 2 hingga nomor 5. Selanjutnya grup belajar akan membagikan data yang telah dihimpun.

Terdapat pula langkah atau tahapan lain dari lesson study, ini berlandaskan ahli lain yakni, Slamet Mulyana (2007) yang mana beliau berpendapat bahwa ada tiga tahapan. Di bawah ini adalah tahapan dan penjelasannya:

Plan (perencanaan)

Disini guru akan terkumpul dalam kerjasama lesson study untuk membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang merepresentasikan pembelajaran yang berfokus pada peserta didik (child centre)

Do (pelaksanaan)

Disini ada dua aktivitas yang bisa dilakukan, yakni pertama adalah aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru yang telah dipilih secara bersama atau atas inisiatif sendiri, disini guru akan mengimplementasikan desain pembelajaran yang sudah dibuat secara kolaboratif, dan kedua adalah guru yang ada di grup belajar akan melakukan investigasi dan pengamatan.

See (refleksi)

Disini merupakan tahap yang krusial karena usaha yang dilakukan adalah merevisi proses pembelajaran. Pada tahap ini daya analisis guru (peserta lessons study) akan diuji saat melakukan investigasi terhadap aktivitas pembelajaran yang sudah dilakukan.

Act (tindak lanjut)

Setelah apa yang telah dilakukan pada tahap refleksi maka pengetahuan baru akan muncul maka selanjutnya akan dilakukannya perbaikan dan evaluasi untuk naik level. Mulai dari peningkatan personal maupun grup.

Kesimpulan

Implementasi Lesson Study berlandaskan kepada aktivitas dan upaya yang terus menerus dan berlanjut. Aktivitas lesson study yang sangat jelas, tidak hadir disebabkan hanya satu faktor saja. Melainkan hadir karena banyaknya faktor yang bisa melengkapi.

Hal tersebut bisa menciptakan ilmu yang bisa lebih bermanfaat dan tidak lekang oleh waktu bagi siswa. Dengan begitu pengajar akan dituntut untuk mempresentasikan pengetahuan yang mulanya berkarakter pasif menjadi aktif.

Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *