Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Waktu Belajar yang Baik

2 min read

Waktu Belajar yang Baik

Setiap siswa memiliki gaya dan waktu belajar masing masing. Secara umum waktu belajar yang tepat dan efektif adalah ketika situasi lingkungan damai dan terhindar dari berbagai macam gangguan luar.

Menurut penelitian waktu subuh dan malam akhir merupakan waktu paling tenang dan sangat baik untuk studi (terutama untuk mengingat). Berikut penjelasan yang tepat dan efektif untuk belajar.

Waktu yang Tepat dan Baik untuk Belajar

Sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk belajar, karena sejujurnya setiap waktu merupakan waktu yang sempurna untuk menuntut ilmu. Ini tentu tergantung dari gaya belajar setiap individu, ada yang suka dengan belajar tengah malam, siang maupun pagi.

Agar bisa mengetahui prioritas dalam belajar, berikut merupakan waktu yang tepat untuk menuntut ilmu berdasarkan tiap jamnya, ini disusun melalui siklus perjam dan penjelasannya.

Waktu sempurna untuk menggali ilmu untuk siswa:

  • Pukul 4 – 7 pagi: adalah waktu yang bagus untuk mengingat pelajaran yang telah disampaikan (Karena kondisi yang damai dan mudah untuk konsentrasi).
  • Pukul 7 – 10 pagi: adalah waktu yang paling tepat untuk mengisi semangat (motivasi) karena pada waktu tersebut tenaga dan kekuatan masih penuh, sehingga fokus untuk mengatasi masalah akan semakin tercapai (passion).
  • Pukul 11 – 2 siang: adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan tugas yang lebih sukar atau rumit, karena konsentrasi bisa lebih baik pada jam-jam ini.
  • Pukul 6 – 9 malam: jam 10 malam merupakan waktu yang paling bagus untuk istirahat, maka dari itu waktu terbaik bagi siswa untuk menuntut ilmu adalah jam 6 – 9 malam.

Di atas merupakan penjelasan mengenai jam maksimal untuk menuntut ilmu siswa yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Belajar Malam

Bagi siswa yang memilih gaya belajar malam akan mendapatkan keuntungan berupa minimnya gangguan dari luar maupun dalam. Dengan lingkungan yang damai dan minim gangguan akan mengakibatkan siswa bisa mengatasi berbagai macam rintangan dan fokus juga bisa lebih terjaga.

Resiko terbesar pada saat belajar malam adalah tidak bisanya siswa dalam mengatur waktu dengan baik, sehingga mengakibatkan terganggunya waktu tidur. Pastikan bila gaya belajar adalah malam, maka atur waktu dengan baik dan buat komitmen untuk berhenti jika sudah larut malam agar tidak terlalu lelah.

Menariknya, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa melakukan studi pada waktu yang paling melelahkan bisa membantu otak mempertahankan konsentrasi. Pada saat akan tidur, gelombang otak menuju arah yang lambat dan proses memori bekerja, sehingga pemulihan bisa diaktifkan, maksudnya adalah menuntut ilmu sebelum tidur bisa membantu otak untuk mempelajari hal-hal baru, bahkan ketika kita sedang tertidur.

Keuntungan malam hari

  • Lebih damai
  • Kemampuan mengingat materi akan lebih mudah.
  • Lebih sedikit gangguan dan interupsi.
Baca juga: Quantum Learning

Belajar Pagi

Waktu subuh merupakan waktu yang sempurna bagi otak untuk bekerja. Dengan gaya belajar pagi, siswa memiliki keuntungan berupa kemudahan dalam mengingat, karena sebelumnya otak telah beristirahat yang mengakibatkan otak lebih segar atau fresh.

Sebagian besar orang beranggapan bahwa pagi hari merupakan waktu terbaik untuk belajar, faktanya memang otak kita cenderung menjadi lebih tajam di pagi hari setelah tidur dan sarapan. Udara alami yang tersedia juga baik untuk pernapasan dan membuat keadaan menjadi siaga dan siap. Periode ini sangat bagus untuk membuka buku pelajaran, mempelajari teori baru atau sekedar mengulas/mengulang catatan dari guru di hari sebelumnya.

Keuntungan pada pagi hari

  • Otak lebih segar dan siap untuk mendapatkan informasi baru.
  • Waktu tidur tidak terganggu.
  • Otak akan lebih fokus dan waspada.

Belajar Siang

Pada periode ini, otak siswa cenderung bisa mengintegrasikan informasi baru dengan apa yang telah mereka ketahui. Pada waktu ini, siswa bisa menciptakan koneksi dan membuat informasi yang telah dipelajari menjadi lebih bermakna.

Pagi dan siang hari sangat baik untuk belajar karena jika Anda mengalami kebuntuan, maka Anda bisa bertanya secara langsung dengan guru atau teman untuk mengklarifikasi dengan cepat, sebab periode ini merupakan saat orang paling aktif. Selain itu pada waktu ini kita bisa langsung menuju sumber pusat informasi, seperti perpustakaan.

Baca juga: Prestasi Belajar

Cara menemukan waktu belajar yang baik dan menyenangkan?

Meskipun begitu waktu belajar yang baik untuk setiap orang pasti berbeda-beda, tugas Anda adalah untuk mempertimbangkan faktor berikut:

Menemukan waktu siaga milik Anda, rasakan di waktu apa Anda bisa berpikir lebih tajam. Apakah memori visual Anda maksimal pada waktu pagi namun menurun pada siang, atau kemampuan kritis meningkat pada malam hari atau hal lainnya (cermati kecenderungan Anda).

Kedua, bila waktu siaga maksimal Anda terganggu dengan rutinitas lain, usahakan untuk cari waktu lain.

Pastikan menentukan waktu yang bisa dilakukan secara konsisten, setidaknya untuk beberapa hari atau beberapa minggu, karena konsistensi dapat membantu kualitas waktu belajar.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah disampaikan di atas, bisa dikatakan bahwa waktu belajar yang baik itu bermacam-macam dan tergantung dari tiap individu. Ada yang memanfaatkan waktu pagi atau waktu malam bahkan ada yang menggunakan waktu siang, walaupun jarang yang memanfaatkan waktu siang, faktanya waktu tersebut merupakan waktu terbaik otak dalam hal kreativitas.

Meskipun begitu dari beberapa waktu yang disarankan, waktu pagi merupakan waktu yang minim resiko dan paling signifikan untuk belajar. Karena pada waktu pagi otak masih sangat fresh dan fleksibel untuk diajak melahap dan menggenjot segala macam informasi.

Referensi

Day or Night: The Best Time to Study?, Oxford Learning,  (Oktober, 22, 2019)
Science Says These Are the Best Times to Learn and Create for Optimal Success,  by Melody Wilding (April 12, 2020)

Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *