Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Waktu Belajar yang Baik

1 min read

Waktu Belajar yang Baik

Setiap siswa memiliki gaya belajar masing masing dan diantaranya pasti berbeda. Secara umum waktu belajar yang baik dan tepat adalah ketika situasi lingkungan damai dan terhindar dari berbagai macam gangguan dari luar.

Pada waktu subuh dan malam akhir merupakan waktu yang memiliki situasi lingkungan yang lebih damai dari waktu yang ada dalam satu hari.

Waktu yang Tepat dan Baik Untuk Belajar

Sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk belajar karena setiap sejujurnya setiap waktu merupakan waktu yang sempurna untuk belajar. Ini tentu tergantung dari gaya belajar setiap individu, ada yang suka dengan belajar tengah malam, siang maupun pagi hari.

Untuk itu berikut merupakan waktu yang tepat untuk belajar berdasarkan setiap jamnya, ini disusun melalui siklus perjam dan penjelasannya.

Waktu sempurna untuk belajar untuk siswa

  • Pukul 4 – 7 pagi: adalah waktu yang bagus untuk mengingat pelajaran yang telah disampaikan (damai dan konsentrasi).
  • Pukul 7 – 10 pagi: adalah waktu yang paling tepat dalam mengisi semangat karena pada waktu tersebut tenaga dan kekuatan masih penuh sehingga fokus untuk mengatasi masalah akan semakin tercapai (passion).
  • Pukul 11 – 2 siang: adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan tugas yang lebih sukar atau rumit karena konsentrasi bisa lebih baik pada waktu ini.
  • Pukul 6 – 9 malam: sudah jam 10 merupakan hal yang sangat efektif untuk istirahat bagi pelajar, Maka dari itu waktu terbaik bagi siswa untuk belajar adalah jam 6 – 9 malam.

Penjelasan di atas merupakan hal yang dilakukan untuk siswa yang sedang melaksanakan sekolah rutin atau kegiatan belajar mengajar seperti biasa di sekolah. Selain referensi di atas terdapat gaya belajar bagi siswa serta keuntungannya.

Belajar Malam

Bagi siswa yang memiliki energi dan gaya belajar malam akan mendapatkan waktu dimana belajar minim gangguan, damai di setiap sudut dalam maupun luar rumah. Belajar pada waktu malam bisa lebih membantu konsentrasi. Siswa akan bisa mengatasi berbagai macam rintangan karena fokus belajar akan semakin meningkat pada waktu malam.

Resiko terbesar pada saat belajar di malam hari adalah tidak bisa mengatur waktu dengan baik sehingga mengakibatkan kebablasan dan mengganggu waktu tidur.

Saat memulai belajar pada malam hari perlu ketahanan ekstra dalam manajemen waktu, pencahayaan dan istirahat. Hal tersebut merupakan langkah yang sangat krusial agar pola tidur bisa lebih baik. Walaupun begitu siasati aktivitas belajar sesuai dengan apa yang diinginkan. Karena tubuh dan otak adalah otoritas milik kita sendiri.

Keuntungan belajar malam hari

  • Lebih damai
  • Kemampuan mengingat materi akan lebih mudah.
  • Lebih sedikit gangguan dan interupsi.

Belajar pagi

Pada waktu subuh merupakan waktu yang sangat sempurna untuk otak bekerja. Bagi siswa yang memiliki gaya belajar pagi mereka cenderung akan lebih mudah untuk mengingat karena setelah istirahat panjang otak akan lebih segar dan bekerja lebih baik.

Keuntungan belajar pagi

  • Otak lebih segar dan siap untuk mendapatkan informasi baru.
  • Waktu tidur tidak terganggu.
  • Otak akan lebih fokus dan waspada.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah disampaikan bisa dikatakan bahwa waktu belajar itu tergantung dari gaya masing masing pelajar. Ada yang memanfaatkan waktu pagi maupun malam, selain waktu tersebut waktu siang pung sangat bagus, apalagi waktu tersebut merupakan waktu yang sangat kreatif bagi otak.

Namun waktu belajar yang lebih signifikan dan lebih sedikit resikonya adalah belajar pada waktu pagi. Karena waktu pagi otak masih sangat fresh dan bisa fleksibel dalam menggenjot segala macam informasi.

Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *