Perbedaan Maksud dan Tujuan

7 min read

Perbedaan Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan sering kali dipakai dalam sebuah pernyataan untuk menyampaikan sesuatu. Dalam hal ini kedua kosakata tersebut memiliki arti yang hampir sama tapi dalam pemakaian, kegunaan dan pengertianya sangatlah berbeda.

Pengertian

Maksud dan Tujuan kegiatan

Maksud

Maksud mempunyai berbagai tafsiran, secara pengertian maksud adalah kata yang memiliki definisi yang luas (umum) dari suatu rencana. Dalam pengucapan dan tulisan memiliki makna yang berbeda. Itulah kenapa kata maksud termasuk homonim.

Maksud tergolong dalam kelas kata benda (nomina) yang menjadikannya bisa diungkapkan menjadi nama tempat, benda, seseorang dan semuanya yang berhubungan dengan benda.

Arti dan definisi dari maksud berdasarkan KBBI adalah: kehendak dan tujuan. Contohnya sudah terlaksana maksudnya. Definisi lainnya adalah kehendak dan niat. Contohnya adalah: Saya bernyanyi dengan maksud untuk menghibur Anda.

Bila disimpulkan secara singkat, maksud adalah kata yang memiliki arti yang luas. Berbeda dengan tujuan, berikut penjelasannya.

Tujuan

Tujuan mempunyai berbagai makna dengan kata dasar: tuju. Dan pengertian tujuan adalah kata yang menguraikan hal secara detail/sempit (khusus) tentang suatu rencana.

Tujuan termasuk dalam golongan homonim. Ini disebabkan dalam pengucapan dan tulisannya sama tapi memiliki definisi yang berbeda. Tujuan juga masuk dalam klasifikasi kata benda (nomina). Inilah kesamaan dari maksud dan tujuan sama-sama masuk dalam klasifikasi kata benda.

Arti dan definisi tujuan berdasarkan KBBI: misi dan jurusan. Makna lain dari kata ini adalah maksud, jangka, target dan tuntutan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tujuan menguraikan sesuatu secara detail atas suatu rencana, seperti menjelaskan dimana, oleh siapa, lamanya, untuk siapa dan apa yang dihasilkan.

Selain itu fungsi dari tujuan adalah agar suatu rencana mempunyai batasan-batasan sehingga rencana bisa terarah dan tidak melenceng.

Lihat juga: Ragam Bahasa Indonesia

Contoh Penerapan Maksud dan Tujuan

Agar bisa lebih memahami tentang maksud dan tujuan mari kita simak beberapa contoh dari perbedaan maksud dan tujuan:

Maksud

Mengembangkan kemampuan siswa dalam teknik pemrograman komputer.

Tujuan

    • Membimbing siswa untuk bisa memahami dan menguasai bahasa pemrograman dasar. (Contohnya: HTML & CSS).
    • Melakukan penyampaian materi berupa teori dan praktek. Dan buat siswa melakukan praktek secara utuh.
    • Membuat kompetisi yang bisa membuat siswa antusias seperti memberikan hadiah yang menarik dan hadiah tersebut harus berhubungan dengan keinginan siswa dan pemrograman komputer.
    • Membuat proyek/tugas untuk siswa sebagai bentuk karya agar materi bisa lebih berkesan serta mendalam bagi siswa.

Maksud

Menjadikan desa Kauman menjadi lingkungan yang bersih dan tertib.

Tujuan

    • Mengajari warga untuk memahami tentang arti menjaga lingkungan dan manfaat desa kauman menjadi bersih.
    • Melaksanakan penyuluhan bagaimana menjaga dan merawat lingkungan yang baik, serta memberi tahu arti gotong royong dalam membersihkan lingkungan.
    • Mengadakan acara rutin setiap satu bulan sekali untuk gotong royong merawat lingkungan desa.

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan di atas bisa disimpulkan bahwa perbedaan maksud dan tujuan terletak pada esensi dan sifatnya: maksud bersifat umum atau luas, sedangkan tujuan bersifat khusus atau sempit.

Bila dalam penjabaran maksud dalam penjelasannya bersifat sederhana sedangkan khusus dalam penjelasannya bersifat mendetail.

Begitulah beberapa penjabarannya. Bila masih bingung maka lihat contoh dan pengertiannya di atas.

Puisi Lama

Harys Imanulloh
8 min read

Bentuk Bentuk Surat

Harisah Anis
10 min read

Suku Kata

Harys Imanulloh
7 min read

One Reply to “Perbedaan Maksud dan Tujuan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *