Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Media Pembelajaran

2 min read

Media Pembelajaran Macam dan pengertian

Terdapat cara agar pemaparan materi pelajaran pada aktivitas belajar mengajar bisa diraih dengan mudah dan efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dibuat. Yaitu dengan alat atau instrumen pendukung berupa media pembelajaran.

Pengertian

Pengertian dari media pembelajaran adalah instrumen pendukung untuk aktivitas belajar mengajar. Ini merupakan mencakup semua yang bisa dipakai untuk mendorong perasaan, keterampilan, pikiran dan perhatian yang bertujuan untuk menstimulasi terjadinya transformasi yang merupakan tujuan dari belajar.

Ruang lingkup dari media pembelajaran itu sendiri terdiri dari manusia, metode, sumber dan lingkungan yang digunakan untuk memperoleh tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Pengertian menurut para ahli

Berdasarkan penuturan Briggs (1977), Media pembelajaran merupakan instrumen konkret yang bertujuan untuk memberikan mata pelajaran, misalnya adalah: buku, musik, video maupun film.

Sedangkan berdasarkan penuturan National Education Associaton (1969) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah alat komunikasi dalam rupa visual dan audio yang berbentuk fisik.

Karena aktivitas pembelajaran merupakan metode komunikasi dari sebuah sistem, jadi media pembelajaran mempunyai tempat yang sangat krusial pada elemen sistem pembelajaran.

Jika tidak ada media pembelajaran maka komunikasi dan sistem dalam aktivitas pembelajaran akan pincang dan tidak maksimal.

Berdasarkan apa yang telah dijelaskan diatas maka media pembelajaran adalah semua yang bisa menghubungkan sebuah makna, isi, pesan, materi yang terkandung untuk mendorong dan menstimulasi pikiran, motivasi, perasaan siswa. Ini bertujuan agar bisa terjadinya aktivitas belajar pada siswa sehingga mereka bisa bertransformasi dari tidak tahu menjadi tahu, dari bodoh menjadi pintar, dari tidak punya keterampilan menjadi punya dsb.

Syarat atau Karakteristik Media Pembelajaran yang Menarik dan Interaktif

Agar guru bisa memilih dan mengetahui apa saja yang bisa dijadikan sebagai media pembelajaran, berikut merupakan syarat atau karakter yang bisa dijadikan rujukan. Berdasarkan pendapat (Hamalik, 1994 : 6):

  • Media harus bisa menjadi instrumen komunikasi yang interaktif dan bermanfaat pada saat aktivitas pembelajaran.
  • Media harus bisa berfungsi sebagai instrumen tujuan pembelajaran.
  • Media harus berhubungan dengan metode dan model pembelajaran yang akan diterapkan.
  • Media memiliki manfaat dan nilai pada aktivitas belajar mengajar.

Jenis Media Pembelajaran

  1. Media Audio merupakan media yang bisa digunakan untuk mendengar, contohnya adalah, mp3, wav, kaset tape dan radio.
  2. Media Visual adalah media yang dimanfaatkan atau bisa digunakan untuk melihat, contohnya adalah: gambar, grafik, poster, komik, chart, diagram, tabel, foto grafik dsb.
  3. Media Audio Visual yakni media yang dimanfaatkan untuk mendengar sekaligus melihat, contohnya adalah video, film, TV dan mp4.
  4. Multimedia adalah media yang digunakan untuk menyajikan semua media secara komplet, contohnya adalah animasi. Multimedia kerap kali digunakan di PC, internet dan pembelajaran yang berhubungan dengan komputer, media ini juga bisa disebut sebagai Projected motion.
  5. Media Realia merupakan media yang berhubungan dengan kondisi dan tempat dari siswa secara nyata di kehidupan sehari hari. Contoh media ini adalah binatang, serangga, tanaman, spesimen dan herbarium dsb/
  6. Media alat (project still media) ini merupakan media pendukung pembelajaran contohnya adalah LCD proyektor, kamera dsb.

Kesuksesan dalam memanfaatkan media pembelajaran pada aktivitas pembelajaran ada beberapa cara, hal tersebut bisa membuat hasil belajar bisa sukses secara signifikan diantaranya adalah bergantung pada a.) Isi materi atau pesan, b.) Cara menyampaikan isi materi dan c.) sifat si penerima isi materi atau pesan.

Bila ketiga elemen tersebut bisa dijelaskan dan diutarakan dengan baik maka media pembelajaran bisa bermanfaat dan berkontribusi dengan maksimal.

Tujuan Media Pembelajaran

Terdapat tujuan yang melandasi media pembelajaran, berikut penjabarannya:

  1. Membantu aktivitas pembelajaran.
  2. Aktivitas pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.
  3. Tujuan belajar dan pembelajaran bisa lebih tertarget dan menjadi relevan.
  4. Fokus siswa dalam belajar bisa meningkat.
  5. Siswa bisa lebih tertantang untuk mencari sumber/media belajar lain.
  6. Informasi yang disampaikan oleh guru menjadi lebih jelas.
  7. Kualitas pembelajaran semakin baik.
  8. Pembelajaran bisa menjadi lebih bermakna bagi siswa karena dengan media pembelajaran yang menarik bisa membuat memori siswa bisa tahan lama.
  9. Keterampilan dan keahlian pada teknologi baru akan semakin berkembang karena alat dari sekolah memfasilitasi dan memberi kesempatan bagi siswa untuk mencobanya.
  10. Siswa bisa lebih terbantu dalam memahami dan menguasai sebuah teori, prinsip konsep dan keahlian.

Kesimpulan

Dengan adanya media pembelajaran bisa menolong guru untuk menyampaikan kejelasan materi yang disampaikannya. Karena guru bisa memberikan pengalaman belajar kepada siswa selain dari imajinasi tapi juga pengalaman konkret melalui media pembelajaran.

Tidak bisa dipungkiri bila media pembelajaran sangatlah berpengaruh sebagai tumbuh kembangnya hasil belajar dan tujuan pembelajaran. Bila masih ada guru yang tidak memakai media pembelajaran maka harus berpikir ulang karena media pembelajaran sangat berpengaruh dengan hasil belajar siswa.

Semoga dengan adanya media pembelajaran yang tersedia, penggunaan media pembelajaran bisa meningkatkan standar pembelajaran di sekolah sehingga bisa menciptakan pembelajaran yang keren dan berkualitas.

Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *