Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Teknik Membaca Efektif

3 min read

Teknik Membaca yang Efektif dan cepat

Membaca merupakan aktivitas yang berfaedah. Aktivitas tersebut berguna untuk menambah ilmu, wawasan, ide, kosakata bahkan bisa untuk hiburan.

Selain itu membaca juga bisa untuk membunuh waktu yang kosong tanpa menyia-nyiakan waktu tersebut, contohnya seperti saat dalam perjalanan ke suatu tempat dengan menggunakan kendaraan mobil, pesawat, kereta dsb.

Latar Belakang Masalah Perlunya Membaca Efektif

Agar waktu membaca bisa lebih efektif dan efisien, pembaca perlu mengetahui keterampilan dan teknik efektif dalam membaca. Sebelumnya kita juga telah menulis mengenai keterampilan membaca.

Teknik membaca efektif bisa digunakan pembaca untuk mengenali topik bacaan, memperoleh ide gagasan dari bacaan, mengetahui struktur, mengingat kembali bacaan dan menghemat waktu.

Selain itu teknik membaca bisa digunakan berdasarkan tujuannya, misalnya adalah si pembaca hanya ingin mendapatkan data spesifik tertentu untuk memenuhi tugas, ada juga yang hanya ingin mengkhatamkan buku secepat mungkin tetapi tidak lupa dengan inti dari buku tersebut dsb.

Teknik Membaca Efektif

Berikut merupakan teknik membaca yang bisa mempermudah keperluan Anda:

Tujuan Teknik Membaca Efektif

Teknik Membaca Skimming

Teknik ini biasanya dipakai untuk memperoleh inti atau gagasan umum dari keseluruhan bacaan/teks. Skimming seringkali digunakan pada saat kita membaca majalah atau koran, bahkan bisa juga untuk buku.

Skimming dalam penerapannya digunakan untuk membaca bagian awal BAB atau bacaan untuk mengetahui ide umum dari keseluruhan BAB.

Berikut merupakan langkah yang harus diperhatikan ketika menggunakan teknik membaca skimming atau sering disebut baca-layap.

    • Mengidentifikasi pokok utama buku
    • Memahami asumsi dan opini orang terhadap buku
    • Mengetahui poin paling esensial dalam buku
    • Mengetahui cara dan jalan pikiran penulis dalam urutan gagasan utama dalam mengorganisasi tulisan

Teknik Membaca Scanning

Scanning adalah teknik membaca dengan cara cermat dan cepat. Tujuan teknik membaca scanning adalah untuk mendapatkan data fakta spesifik tertentu dengan melihat keseluruhan teks. Teknik ini juga bisa disebut sebagai teknik memindai atau membaca-tatap.

Penerapan teknik scanning itu sendiri adalah dengan cara melompat-lompat saat membaca. Pada bagian ini pembaca tidak harus membaca keseluruhan kalimat dan paragraf, namun hanya kalimat atau paragraf kunci yang dianggap penting.

Misalnya adalah ketika kita ingin mengetahui perjuangan Tan Malaka dalam perjuangan, maka bacalah terlebih dahulu ringkasan yang ada di cover, kemudian daftar isi, abstrak, konklusi, ringkasan dan gambar yang ada pada bacaan. Dengan cara tersebut memungkinkan untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan apa yang sedang diinginkan.

Agar bisa lebih maksimal dalam penerapan scanning, pembaca bisa melakukan imajinasi. Ini berfungsi untuk pemahaman lebih lanjut dan pemahaman yang tidak terduga.

Teknik Membaca Selecting

Selecting adalah teknik membaca untuk memilih suatu bacaan yang tepat tergantung dari kebutuhan si pembaca. Aktivitas selecting (memilih) ini biasanya dilaksanakan pada saat pembaca sedang memilih judul (pada berita, buku, majalah dsb).

Selecting seringkali dimanfaatkan oleh penulis untuk mengembangkan tulisan miliknya agar lebih dalam dan luas.

Untuk akurasi fakta yang lebih aktual penulis juga biasanya menggunakan teknik ini untuk memilih informasi yang lebih segar. Teknik membaca selecting bisa juga disebut baca-pilih.

Buka juga: Kode Etik Guru

Teknik Membaca SQ3R

Berikut merupakan penjelasan teknik membaca SQ3R dalam bentuk gambar

Teknik Membaca Efektif SQ3R

Teknik Membaca Skipping

Skipping adalah aktivitas membaca di mana pembaca akan mengacuhkan bacaan yang telah dipahami atau bacaan yang tidak dibutuhkan. Lebih sederhananya, bila sebuah bacaan sudah tidak penting bagi pembaca maka akan di acuhkan.

Teknik membaca ini bisa dimanfaatkan pada hampir semua macam bacaan. Tanpa sadar kita kerap menggunakan teknik skipping ini, contohnya adalah saat kita membaca iklan baris pada koran. Teknik membaca skipping juga biasa disebut baca-lompat.

Gaya Membaca Aktif

Membaca aktif memiliki tujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai teks. Pada prosesnya teknik membaca aktif ini akan menuntut pembaca untuk aktif dengan teks yang sedang dibacanya.

Untuk memperoleh pengetahuan mendalam mengenai teks, tidak mungkin pembaca menggunakan teknik scanning dan teknik skimming.

Bacaan Mendetail

Teknik ini dipakai untuk meringkas atau mengekstraksi informasi pada teks dengan akurat.

Teknik ini digunakan untuk mengekstraksi informasi secara akurat dari keseluruhan teks. Dalam praktiknya membaca secara detail ini, bisa dimulai dengan membaca sepintas terlebih dahulu agar gambaran umum bisa diketahui, kemudian bisa dilanjutkan dengan memulai membaca detail kembali.

Untuk menunjang teknik ini, kita perlu menyediakan kamus, sehingga kata yang belum dikenal bisa terungkap.

Teknik Membaca Cepat

Membaca cepat sebenarnya adalah perpaduan dari berbagai teknik membaca.

Tujuan dari teknik ini adalah untuk meningkatkan kecepatan membaca tanpa harus mengurangi pemahaman teks pada bacaan. Berikut merupakan beberapa strategi yang dapat digunakan dalam membaca cepat:

    • Tidak melafalkan setiap kata.
    • Identifikasi kata tanpa berfokus pada tiap huruf.
    • Tidak mengucapkan beberapa frasa.
    • Menghabiskan waktu lebih sedikit untuk beberapa frase daripada yang lain.
    • Membaca sekejap bagian kecil pada bacaan.

Tahapan dalam Membaca Teks

Sangat penting untuk memecah proses membaca menjadi beberapa tahap bagian agar aktivitas membaca bisa lebih efektif:

Persiapan sebelum membaca, memperoleh gambaran umum mengenai teks:

    • Membaca sekilas dalam daftar isi, judul dan sub-judul
    • Baca pendahuluan dan kesimpulan
    • Perhatikan bagian topik yang sesuai agar bisa menemukan apa yang sedang dicari.

Selama membaca berlangsung, pahami dan ikuti perkembangan ide pada teks:

    • Baca dengan aktif – caranya dengan tulis hal penting di tepi halaman, catat poin penting dan sorot frase
    • Penting untuk memeriksa gambar atau chart yang ada pada bacaan karena itu merupakan sumber informasi
    • Baca dengan kritis – tanyakan pertanyaan kepada diri sendiri, Contohnya adalah: Apakah argumen tulisan logis? Apakah tulisan tersebut bias? Apakah terdapat bukti fakta untuk mendukung kesimpulan penulis?

Setelah membaca, kita memikirkan mengenai apa yang sudah dibaca. Buat rangkuman singkat dari gagasan dan konsep utama pada teks bacaan.

Kesimpulan

Sebagai pembaca, dengan mengetahui teknik-teknik membaca maka opsi untuk meningkatkan level membaca akan semakin terbuka. Dengan begitu cara kita untuk mendapatkan informasi akan lebih beragam.

Bila kita sudah bisa mempraktekan berbagai teknik membaca tentu kita bisa tahu teknik mana saja yang cocok untuk digunakan pada saat membaca agar bisa lebih tepat dalam menentukan tujuan membaca. Sehingga kita bisa menjadi manusia yang berwawasan dan tercerahkan. Ini tentu tergantung bahan bacaan yang kita lahap.

Paling tidak dengan seseorang mengetahui teknik membaca efektif maka dalam meraih atau menghimpun informasi data bisa akan lebih mudah.

Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *