Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Kesimpulan dan Saran

4 min read

manfaat penulisan kesimpulan dan saran dalam karya tulis ilmiah

Ketika menciptakan sebuah karya tulis berupa skripsi, makalah atau laporan terdapat komponen yang substansial, yakni kesimpulan dan saran. Isi dari komponen tersebut tentu harus memiliki tujuan dan makna yang jelas agar pembaca makalah bisa memahami apa yang diinginkan pencipta.

Selain itu kesimpulan dan saran juga harus sesuai dengan kaidah baku dari penciptaan skripsi, makalah atau laporan.

Pengertian

Kesimpulan adalah rangkaian akhir dari bab yang disusun di karya tulis, di mana penulis memberikan pendapat dari semua apa yang telah dibahas. Sehingga poin-poin yang ada, bisa lebih tepat sasaran dan berguna.

Kesimpulan juga memungkinkan penulis untuk mengungkapkan apa saja yang penting mengenai ide dalam sebuah tulisan dan bisa mendorong pembaca meraih perspektif baru mengenai subjek tema yang dibahas.

Sementara saran merupakan anjuran dan masukan dari penulis yang diarahkan pada pembaca sesuai dengan tema yang dibuat. Ini bertujuan agar pembaca yang berniat meneliti tema yang sama bisa lebih mudah dan efektif dalam membuat dan mengembangkan tema.

Membuat Kesimpulan

Cara membuat kesimpulan yang baik adalah dengan memperhatikan teks yang telah dibuat secara cermat, menulis detail data dan informasi yang penting dari tulisan, dan terakhir adalah membuat simpulan dari apa yang telah dicatat pada informasi dan data dari tulisan yang telah dibuat.

Kesimpulan yang Bagus

    1. Menjawab atas pertanyaan masalah yang ada.
    2. Merupakan rangkuman isi tulisan dalam versi yang lebih padat, singkat, segar dan mudah dimengerti.
    3. Menjabarkan hal yang khusus menjadi lebih umum.
    4. Bisa menarik pembaca untuk melahap semua isi tulisan.
    5. Bisa menstimulasi pembaca untuk berpikir dan berefleksi.
    6. Memotivasi pembaca untuk melakukan suatu hal, sesuai dengan tema yang dibahas.

Tips Membuat Kesimpulan

    • Pakailah subjudul yang bertuliskan “Kesimpulan”, dengan adanya judul maka pembaca akan bisa langsung tahu bagian kesimpulan dari sebuah karya tulis.
    • Menggunakan teknik “so what, maksudnya adalah ketika membuat sebuah kesimpulan, baca lah dengan cermat lalu tanya kepada diri sendiri “so what?” “terus apa?”, “ kenapa pembaca harus peduli dengan hal ini?”. Jawaban dari apa yang telah ditanyakan tersebut merupakan penentu apakah kita bisa membuat kesimpulan yang baik.
    • Utamakan para pembaca, tekankan pada diri sendiri bahwa tulisan yang dibuat ditujukan untuk pembaca. Pertimbangkan apa saja yang akan dilakukan pembaca setelah membaca kesimpulan yang dibuat. Tempatkan diri pada pada sudut pandang pembaca, kemudian buat kesimpulan yang bisa menginspirasi sehingga bisa memotivasi pembaca untuk melakukan sesuatu dan mau membaca isi secara keseluruhan.
    • Ketahui kendala terbesar saat membuat kesimpulan, untuk membuat kesimpulan yang inspiratif fokuslah pada kendala yang dihadapi dalam penelitian atau dalam pembuatan isi tulisan, motivasi pembaca untuk mau menghadapi kendala yang ada.
    • Karya tulis yang baik tidak hanya memiliki data, informasi dan fakta yang berkualitas, namun juga bisa menggerakan hati pembacanya. Fakta yang dikumpulkan hanya bisa mempengaruhi pikiran, namun apabila kita bisa menggerakan hati pembaca, maka kita dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan suatu tindakan. Tips yang bisa digunakan untuk menggerakan hati pembaca adalah dengan memakai gaya bahasa yang baik, hangat dengan metafora seperlunya, membagikan tips dan saran apa saja yang bisa dilakukan selanjutnya.
    • Buat saran yang sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah. Usahakan untuk mulai dari saran yang kecil terlebih dahulu daripada memberikan saran yang muluk dan sok bijak. Buat saran yang bisa dilakukan secara step by step.
    • Buat Penutup yang singkat dan berkesan, Cara membuat penutup yang berkesan dapat dilakukan dengan menambahkan pertanyaan, quote, call to action atau hal lain yang bisa mengingatkan pembaca untuk melakukan sesuatu.

Unsur-Unsur Saran

Memberikan Referensi

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat saran adalah memberikan referensi kepenulisan seperti penelitian dan metode yang dipakai.

Memberikan Kata Anjuran

Dalam sebuah karya tulis yang bersifat penelitian, penulis harus menyertakan sebuah anjuran berupa harapan agar penelitian selanjutnya bisa lebih baik dan maksimal. Contoh penggunaan anjuran adalah: “diharapkan dengan penulisan ini”,  “oleh sebab itulah” dsb.

Jumlah Kata

Pada rangkaian lain, penulis juga harus memperhatikan jumlah kata yang ada. Sehingga kesimpulan dan saran bisa lebih efisien. Jumlah kata yang biasanya ada dalam kesimpulan dan saran adalah maksimal 200 kata.

Bila Anda berniat menciptakan sebuah karya tulis, terutama ingin melihat cara menciptakan kesimpulan dan saran. Maka lihat beberapa contoh cara membuat kesimpulan dan saran yang ada di bawah ini.

Baca juga: Kerangka Proposal

Contoh Kesimpulan dan Saran

Pada bagian ini merupakan kaidah yang baik dalam menerapkan dan mengisi Kesimpulan dan Saran.

Contoh Saran Dalam Makalah #1

BAB III

PENUTUP

    1. Kesimpulan

Berlandaskan pernyataan yang ada bisa disimpulkan bahwa makalah yang memiliki tema “Aktivitas Arisan Desa Menggunakan Media Smartphone” yakni aktivitas arisan dengan smartphone menggunakan aplikasi, contohnya adalah aplikasi Rolet Keputusan bisa mempererat tali silaturahmi antar warga. Sehingga sikap gotong royong pada warga bisa terbangun.

    1. Saran

Penulis dengan rendah hati masih banyak kekurangan dan belum mencapai target yang diinginkan. Sehingga penulis akan menyempurnakan makalah ini dengan beberapa panduan. Selain itu ada beberapa saran agar aktivitas bisa lebih efektif. Diantaranya adalah perlunya pelatihan yang telaten dalam menggunakan aplikasi, terutama mengoperasikan smartphone, karena banyak peserta yang masih gagap teknologi.

Contoh Kesimpulan dan Saran Dalam Makalah #2

BAB III

PENUTUP

    1. Kesimpulan

Implementasi Pancasila dan UUD 1945  pada zaman kontemporer sekarang ini mulai terasa pada sendi kehidupan bernegara dan berbangsa. Inilah yang mengakibatkan kehidupan moral bangsa harus berdasarkan asas Pancasila dan UUD 1945.

Walaupun perkembangan zaman tidak dapat dihindarkan, Pancasila dan UUD 1945 harus ditafsirkan sesuai dengan zamannya. Karena dengan begitu kehidupan beragama dan bermoral berdasar asas pancasila akan tetap lestari.

    1. Saran

Berdasarkan apa yang telah dijelaskan di atas. Indonesia harus segera melaksanakan evaluasi dari segala lini sendi kehidupan. Kehidupan tersebut mulai dari pendidikan, sosial, politik, budaya dan ekonomi. Evaluasi yang nantinya mempunyai output transformasi ini harus dilakukan dengan seradikal mungkin.

Transformasi tersebut harus berlandaskan nilai Pancasila dan UUD 1945 karena dengan hal tersebutlah jati diri bangsa Indonesia tetap utuh. Dengan melakukan perubahan sedini mungkin maka bangsa Indonesia tidak tertinggal. Karena sejatinya hanya bangsa yang adaptif yang bisa bertahan di era berkemajuan.

Contoh Kesimpulan dan Saran Dalam Makalah #3

BAB III

PENUTUP

    1. Kesimpulan

Berlandaskan informasi yang ada, bisa disimpulkan beberapa hal berikut, yakni:

    • Pada dasarnya guru seperti halnya manusia biasa yakni memiliki pola pikir yang dinamis (berubah-ubah). Sehingga guru harus bisa cepat dalam adaptasi menangani siswa baru. Selain itu dengan belajar menerapkan active learning juga bisa membuat pembelajaran lebih kontekstual.
    • Agar pembelajaran bisa baik dan maksimal dibutuhkan guru yang memiliki keahlian yang mumpuni. Sehingga siswa mempunyai teladan yang bagus dan pembelajaran bisa lebih peka dengan dunia sekitar.
    • Tauladan dari guru bisa menjadikan pembelajaran lebih efektif, ceria, kreatif, berkembang dan maju sehingga guru harus sering belajar lebih giat dari siswa.
    • Dengan adanya tauladan dari guru, siswa diharapkan mampu terinspirasi sehingga pembelajaran bisa diimplementasi secara nyata.
    1. Saran

Terdapat beberapa saran yang berhubungan dengan aktivitas pembelajaran yang ada, berikut diantaranya:

    • Guru dengan memiliki sikap dan kecerdasan harus ditopang dengan fasilitas yang baik sehingga pembelajaran bisa maksimal.
    • Untuk pengadaan fasilitas pendidikan ini bisa membuat manajemen dan daya saing sekolah menjadi lebih maksimal. Maka fasilitas pendidikan ini memiliki sifat yang penting.

Contoh Kesimpulan dan Saran

BAB V

PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai “Perancangan Toko Berbasis Web Pada Toko Madu Karya” bisa disimpulkan bahwa:

Keberadaan website yang ada pada toko bisa mempermudah data dan informasi kepada pembeli untuk memilih apa saja madu yang dibutuhkan. Sehingga pembeli bisa memilih produk madu sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Selain itu cakupan segmen dari madu jadi lebih besar baik dari sisi produk maupun wilayah. Sebab dengan menggunakan website setiap pelanggan dari manapun bisa melihat produk dari perusahaan.

5.2 Saran

Dalam rangka agar website bisa tumbuh dari segi tampilan hingga cakupan bisnis. Maka penulis menyarankan beberapa masukan kepada manajemen Toko Madu Karya. Diantaranya adalah:

    • Dibutuhkannya server atau VPS yang lebih besar agar penampungan pengunjung bisa lebih banyak dan website bisa lebih cepat.
    • Membuat klasifikasi produk yang jelas beserta detailnya.
    • Penambahan jumlah konten agar pengunjung bisa lebih interaktif.

Referensi

Rosmiati, Ana (2017). Dasar-dasar Penulisan Ilmiah (PDF). Surakarta: ISI Press.
Zulmiyetri, dkk. (2019). Penulisan Karya Ilmiah (PDF). Jakarta: Prenadamedia Group.

Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Kalimat Deklaratif

Ginanjar Adhi
1 min read

Kata Sandang

Harys Imanulloh
2 min read

Kata Rujukan

Harys Imanulloh
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *