Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Strategi Pembelajaran

2 min read

Strategi Pembelajaran

Agar pembelajaran bisa lebih tepat guna, maka guru atau sekolah bisa merancang suatu sistem pra pembelajaran yang baik dan bisa digunakan kapan saja. Salah satunya adalah dengan mengambil teori yang sudah ada seperti strategi pembelajaran. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan artikel ini.

Pengertian

Secara garis besar strategi bisa didefinisikan sebagai pendekatan secara menyeluruh yang berhubungan dengan implementasi dari sebuah ide dan rencana pada kegiatan tertentu. Bila dihubungkan dengan pendidikan bisa juga didefinisikan menjadi alur dasar aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan aktivitas belajar yang sudah disiapkan sesuai dengan tujuan.

Jadi strategi pembelajaran adalah sebuah ide dan rencana yang berisi susunan aktivitas belajar guru dan siswa yang diimplementasikan berdasarkan kompetensi yang sudah ditetapkan untuk memperoleh tujuan pendidikan.

Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Agar bisa lebih paham tentang strategi pembelajaran, kami akan menghadirkan beberapa pengertian strategi pembelajaran dari para ahli, berikut beberapa pengertian, definisi dan artinya:

Kemp (1995)

Mengutarakan tentang strategi pembelajaran merupakan aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa untuk memenuhi misi pembelajaran yang efisien dan efektif.

Egger Kauchak dan Harder

Strategi pembelajaran adalah macam-macam cara belajar mengajar yang dirancang untuk memenuhi sasaran yang spesifik.

Gilistrap Martin

Mengungkapkan bahwa strategi pembelajaran adalah formula keterampilan yang digunakan guru untuk membantu siswa agar bisa memenuhi tujuan belajar yang telah ditetapkan.

Syaiful Bahri dan Aswan Zain (1995)

Beliau mengungkapkan bahwa sistem acuan yang mendasari aktivitas siswa ketika melaksanakan belajar mengajar agar bisa menuju tujuan yang sudah ditentukan.

Sanjaya, Wina (2007)

Merupakan format yang biasa dilakukan guru dan siswa terapkan dalam meraih aktivitas belajar dan mengajar yang ideal. Karakter dari format yang biasa dilakukan adalah semacam rangkaian aktivitas yang bisa berdampak pada tercapainya tujuan belajar.

Kozma (Sanjaya, 2007)

Strategi pembelajaran bisa didefinisikan sebagai yang ditentukan, yakni sesuatu yang bisa memberi dampak kepada siswa untuk bisa memperoleh tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Suparman (1997:157)

Strategi pembelajaran adalah gabungan dari susunan aktivitas, yakni cara mengatur materi pembelajaran siswa dan fasilitas yang dipakai untuk aktivitas belajar mengajar agar bisa meraih tujuan pembelajaran.

Macam-Macam Strategi Pembelajaran

Jenis atau Macam Macam Strategi Pembelajaran

Berikut merupakan jenis dan macam-macam dari strategi pembelajaran yang wajib diketahui oleh guru. Macam-macam ini dilandasi oleh penurutran dari Sanjaya (2007 : 177 – 286):

Strategi Pembelajaran:

  • Kontekstual CTL
  • Berbasis Masalah
  • Kooperatif
  • Ekspositori
  • Inquiry
  • Afektif
  • Peningkatan Kemampuan Berpikir

Manfaat dan Tujuan

Manfaat dari strategi pembelajaran dalam aktivitas belajar itu sendiri adalah, waktu siswa bisa lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan belajar serta kepentingan tentang cara berpikir lebih baik juga terealisasi. Dan lebih utama adalah guru bisa mempunyai gambaran tentang apa yang harus dan tidak ketika kegiatan belajar sedang dilaksanakan.

Guru juga bisa lebih matang saat menghadapi siswa dari latar belakang manapun. Karena mau tidak mau setiap siswa yang diajar pasti mempunyai kapabilitas yang berbeda-beda ini disebabkan adanya perbedaan suku, ras, ekonomi, agama dan motivasi belajar. Ini juga bisa melatih daya kreatif guru dalam mengajar.

Bila disimpulkan secara menyeluruh manfaat dari strategi pembelajaran adalah membuat formula pada aktivitas belajar mengajar kepada siswa agar mereka bisa mendapatkan pengalaman belajar yang unggul (terbaik) sehingga bisa menjadi bekal untuk masa depan.

Implementasi atau Penerapan Strategi Pembelajaran

Dalam ranah implementasinya strategi pembelajaran sangat terkait dengan metode yang harus diterapkan agar bisa tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Ketika implementasi pembelajaran berjalan ada beberapa tahap yang harus dilalui, yakni tahap pendahuluan, pada tahap ini guru harus bisa mempresentasikan dengan bagus tujuan pembelajaran agar siswa bisa tertarik.

Saat guru menerangkan tentang tujuan pembelajaran siswa didorong untuk memperhatikan agar hubungan antara pengetahuan lama dan baru bisa terkoneksi.

Berlandaskan teori student centered, bisa dikatakan bahwa siswa adalah pusat utama dari aktivitas belajar, siswa melakukan proses edukasi, tugas dan pelajaran tahap lanjutan.

Pada proses edukasi biasanya terdapat aktivitas penerapan dan feedback. tugas sering dilaksanakan pada akhir aktivitas pembelajaran. Selanjutnya proses pelajaran tahap lanjut biasanya adalah melakukan kesimpulan dan evaluasi.

Kunjungi juga: Teori Belajar

Parameter Pemilihan Strategi Pembelajaran

Parameter untuk menentukan seberapa bagus strategi pembelajaran, Mager telah mengutarakan beberapa parameter tersebut, yakni:

  1. Berfokus pada tujuan pembelajaran yang harus diraih. Ini merupakan klasifikasi apa saja yang bisa diraih oleh siswa dalam proses pembelajaran.
  2. Tentukan taktik pembelajaran yang pas dengan apa yang telah ditentukan dalam mengasah skill yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan yang akan datang.
  3. Guru bisa memberikan variasi media pembelajaran agar siswa bisa terstimulasi sehingga dalam berpikir mereka bisa berkembang.

Untuk penjelasan lengkapnya Anda bisa mencarinya di blog ini yang berhubungan dengan pembelajaran.

Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *