Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Model Pembelajaran

2 min read

Model Pembelajaran

Learning model atau model pembelajaran adalah cara yang dipakai untuk mengaplikasikan strategi yang telah dibuat dalam bentuk aktivitas yang nyata untuk memperoleh target (kompetensi) pembelajaran dalam pendidikan. Strategi tersebut terdiri dari materi ajar yang berurutan dan dibuat secara matang. Pada saat pembelajaran disajikan, guru akan menggunakan segala fasilitas yang ada untuk menunjang proses belajar mengajar.

Pengertian

Macam-Macam Model Pembelajaran Asli

Model Pembelajaran adalah semua rentetan presentasi materi yang terdiri dari semua faktor mulai dari pra, sedang dan pasca pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik. Dengan berbagai instrumen yang dipakai secara tidak langsung maupun langsung dalam aktivitas belajar mengajar.

Model pembelajaran bisa dikatakan sebagai strategi atau pola yang dimanfaatkan untuk membuat kurikulum, pengarahan bagi pengajar dan menyusun materi siswa di kelas. Sehingga siswa bisa lebih efektif dan efisien dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

Dalam perjalanannya model pembelajaran memiliki berbagai metode untuk dimanfaatkan sebagai strategi pembelajaran. Ketika melihat dari hakikatnya learning model memiliki sejumlah makna yang luas, dari istilah seperti prosedur/pendekatan, strategi, metode maupun teknik & taktik pembelajaran.

Berdasarkan Joyce dan Weil (1986:14-15) Model pembelajaran merupakan sebuah strategi dan metode pada aktivitas pembelajaran yang didalamnya terdapat empat komponen, yakni:

Syntax (Sintaks)

Sintak adalah langkah, fase atau phasing dalam model pembelajaran yang mana didalamnya menerangkan tentang tata cara penerapan yang dapat digambarkan secara konkret.

The social system (Sistem sosial)

Model pembelajaran dituntut untuk bisa mengungkapkan fakta akurat tentang pengaruhnya kepada pendidik dan peserta didik saat aktivitas pembelajaran. Pada sistem sosial ini pendidik bertugas sebagai pembimbing, penyedia, sumber pertanyaan dan pengetahuan.

Principle of reaction (Prinsip Reaksi)

Ini adalah suatu komponen yang mana bagaimana cara pendidik dalam memperlakukan peserta didiknya. Ada pula hal lain yang perlu dilakukan adalah bagaimana seorang pendidik harus dapat merespon tentang apa yang peserta didik lakukan.

Support System (Sistem Pendukung)

Terdapat tiga komponen yang perlu diperhatikan dalam sistem pendukung, yakni:

    • Bahan
    • Fasilitas/Sarana
    • Instrumen yang bisa dipakai untuk mendukung model pembelajaran.

Fungsi Model Pembelajaran

Fungsi dari model pembelajaran sendiri adalah sebagai panduan bagi pendidik saat melakukan aktivitas pembelajaran.

Ini berarti ketika model pembelajaran diterapkan maka model pembelajaran akan menjadi instrumen bagi para pendidik untuk menggerakan aktivitas pembelajaran. Adapun fungsi lain dari model pembelajaran adalah untuk panduan bagi pencipta desain pembelajaran dan pendidik untuk menentukan strategi dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa diraih dengan sukses.

Ciri-ciri Model Pembelajaran

Terminologi model pembelajaran memiliki beberapa ciri khusus yang membedakan antara metode dan strategi pembelajaran dalam pendidikan, diantaranya adalah:

  1. Landasan teori rasional dan matang yang dirancang oleh para ahli
  2. Mempunyai visi dan misi pembelajaran yang jelas
  3. Memiliki rancangan pembelajaran yang matang, ini bertujuan agar proses belajar dapat dilakukan dengan powerful.
  4. Membuat lingkungan belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, sehingga proses belajar bisa dilaksanakan dengan optimal.

Macam-Macam dan Contoh Model Pembelajaran

Berikut merupakan rangkaian daftar macam macam model pembelajaran yang telah disusun, terdapat tautan yang mencakup penjelasan, pengertian beserta sintaks atau langkah-langkahnya:

  1. Model Pembelajaran Kooperatif
  2. Model Pembelajaran Think Pair Share
  3. Model Pembelajaran Discovery Learning
  4. Model Pembelajaran Snowball Throwing
  5. Model Pembelajaran Talking Stick
  6. Model Pembelajaran Problem Solving
  7. Model Pembelajaran K13
  8. Model Pembelajaran Teknik Role Playing
  9. Teaching Factory
  10. Examples Non Examples
  11. Model Pembelajaran Langsung
  12. Model Pembelajaran Kontekstual CTL (Contextual Teaching and Learning)
  13. Model Pembelajaran Inquiry
  14. Model Pembelajaran NHT
  15. Model Pembelajaran STAD
  16. Model Pembelajaran Jigsaw
  17. Model Pembelajaran Make A Match
  18. Model Pembelajaran Mind Mapping
  19. Model Pembelajaran Picture And Picture
  20. Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
  21. Model Pembelajaran Problem Based Learning
  22. Pembelajaran Abad 21
  23. Pembelajaran STEAM
  24. Model Pembelajaran Terpadu

Kesimpulan

Demikian merupakan adalah penjelasan singkat mengenai model pembelajaran beserta macamnya. Berdasarkan apa yang telah diutarakan di atas maka kami akan memperbaharui setiap ada postingan baru perihal model pembelajaran.

Model pembelajaran merupakan kerangka abstrak yang menampilkan sebuah prosedur sistematis mengenai penyelenggaraan belajar mengajar untuk meraih tujuan pembelajaran yang telah ditargetkan. Selain itu model pembelajaran juga bermanfaat sebagai petunjuk guru ketika menggelar pembelajaran.

Karena seperti yang diungkapkan menteri pendidikan Nadiem Makarim, bahwasanya setiap apa yang berhubungan untuk mengembangkan manusia harus bersifat dinamis, karena sifat manusia itu sendiri adalah dinamis.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Model_pembelajaran

Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Pendidikan 4.0

Ginanjar Adhi
3 min read

Pendidikan Inklusif

Harisah Anis
3 min read

Hakikat Pendidikan

Bektio Pamungkas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *