Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Konjungsi Kausalitas dan Konjungsi Kronologis

2 min read

Konjungsi Kausalitas dan Konjungsi Kronologis

Secara umum pengertian konjungsi adalah sebuah kata atau ungkapan yang berfungsi untuk menghubungkan antarparagraf, antarkata, antarklausa, antarkalimat, dan antarfrasa.

Ada juga tipe lain dari konjungsi yang bisa dimanfaatkan dalam keseharian, yakni konjungsi kausalitas dan konjungsi kronologis. Berikut contoh pembahasan dan penjelasannya dari kedua konjungsi tersebut.

Sebelum masuk ke inti mari kita simak apa itu konjungsi, konjungsi adalah kata yang mempunyai kegunaan untuk menyambungkan setiap paragraf, kata, kalimat, klausa dan antar-latensi. Konjungsi sering kali di taruh pada tengah sebuah kalimat. Terdapat pula konjungsi yang ditaruh pada awal paragraf, konjungsi ini digunakan untuk menghubungkan paragraf sebelumnya yang biasanya terdapat simbol seperti tanda tanya, tanda titik dan tanda seru.

Pengertian Konjungsi Kausalitas

Pengertian konjungsi kausalitas adalah dan contohnya

Setelah mengetahui pengertian dari konjungsi maka akan dijelaskan apa itu pengertian kausalitas. Kausalitas merupakan anggapan dasar pada sains. Para peneliti akan melakukan sebuah eksperimen untuk mendapatkan sebuah bukti dari kausalitas yang ada untuk mendapatkan sebuah bukti atau fakta nyata. Secara sederhana bila dijabarkan ke dalam bahasa Indonesia kausalitas adalah keterkaitan antara sebab dan akibat.

Konjungsi kausalitas adalah kata yang menghubungkan antara dua kalimat yang menguraikan tentang sebab akibat, contoh konjungsi kausalitas adalah:

  • Sebab
  • Sehingga
  • Karena
  • Oleh karena itu
  • Oleh sebab itu

Jenis Konjungsi Kausalitas

Konjungsi Kausal Syarat

Merupakan jenis konjungsi yang mengharuskan adanya syarat dalam proses penghubungan antara sebab dan akibat, ungkapan yang termasuk konjungsi ini adalah kalau, bila & jika.

Contoh: Bila kamu rajin belajar, mungkin kamu bisa meraih nilai yang lebih tinggi.

Konjungsi Kausal Alasan

Adalah jenis konjungsi kausal yang membutuhkan alasan (sebab) dari kejadian tertentu yang menjadikan adanya akibat, kata yang merupakan konjungsi kausal alasan adalah karena.

Contoh: Rudi tidak masuk kelas hari ini, karena ada kepentingan keluarga.

Konjungsi Kausal Simpulan

Merupakan konjungsi yang memuat kesimpulan dari sebuah sebab akibat. Ungkapan yang merupakan kausal simpulan adalah jadi & demikian.

Contoh: Jadi, Ariel bisa mendapat juara satu setelah mati-matian berusaha.

Konjungsi Kausal Akibat

Konjungsi ini merupakan kebalikan dari sebab akibat, berarti hal yang didahulukan di sini adalah akibat, kemudian diteruskan sebabnya. Ungkapan pada konjungsi ini adalah sehingga, maka, oleh sebab itu, & oleh karena itu.

Contoh: Jumlah siswa yang ikut tes SBMPTN jurusan hukum semakin banyak. Oleh sebab itu, kita harus lebih rajin agar bisa diterima di jurusan tersebut.

Konjungsi Kausal Untuk

Pada konjungsi ini ungkapan sebab diwajibkan membentuk akibat. Ungkapan pada konjungsi kali ini adalah untuk itu & agar.

Contoh: Siswa diharuskan untuk rajin belajar, agar bisa meraih nilai yang bagus saat ujian.

Contoh Kalimat Konjungsi Kausalitas

Berikut ini adalah contoh kalimat konjungsi kausalitas:

  • Ibu Ghea akan menuju ke sawah untuk mengantarkan makanan kepada para pekerja sawah  karena waktu sudah menunjukan jam makan siang.
  • Anggi sangat rajin dalam belajar, sehingga dia bisa meraih juara kelas.
  • Tania sangat rajin dalam mengerjakan sholat karena dia takut dengan siksa neraka.
  • Motor yang dinaiki Roni bannya kempes, sehingga dia harus menuntun motornya hingga ke tempat tambal ban.
  • Untuk bisa memuluskan lomba balap motor di Bandung, oleh karena itu Joni giat dalam memberikan pengumuman ke setiap anggota motor.
  • Doni sedang menjalankan ibadah puasa, oleh sebab itu dia terlihat pucat dan diam.

Contoh Konjungsi Kasualitas

Pengertian Konjungsi Kronologis

Konjungsi kronologis adalah kata atau ungkapan yang berfungsi untuk menghubungkan suatu kalimat sesuai dengan rangkaian waktu. Contoh konjungsi kronologis adalah:

  • Setelah itu
  • lalu
  • Kemudian
  • Pada akhirnya

Simak juga: Jenis Paragraf

Contoh kalimat Konjungsi Kronologis

Berikut ini adalah contoh kalimat konjungsi kronologis:

  • Aktivitas Rano setelah pulang sekolah adalah membasuh muka dan kaki, kemudian istirahat di ruang keluarga.
  • Aktivitas Tio pada pagi hari minggu adalah membersihkan kebun, lalu dia akan bermain dengan teman-temannya hingga jam 12.00 siang.
  • Pada pagi hari pak Ridwan sudah memanaskan motor untuk persiapan berangkat kerja, setelah itu dia akan langsung berangkat bila motor sudah panas.
  • Ajeng sudah berusaha keras dalam belajar untuk persiapan ujian. Pada akhirnya kerja keras ajeng terbayar dengan sempurna.

Demikian adalah rangkaian contoh kalimat konjungsi kausalitas dan konjungsi kronologis yang bisa dijadikan sumber inspirasi. Semoga dengan melihat contoh di atas, kamu bisa membuat sendiri kalimat konjungsi sesuai dengan buah pikiranmu sendiri.

Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *