Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Latar Suasana

1 min read

Pengertian Latar

Latar adalah semua penjelasan tentang waktu, ruang dan suasana yang dipakai dalam sebuah fenomena, kejadian dan peristiwa dalam sebuah cerita dan sastra. Penjelasan lain dari latar adalah elemen intrinsik pada sebuah karya sastra yang menjadi keterangan dari sebuah waktu, suasana dan ruang yang ada dalam sebuah karya sastra atau cerita.

Pengertian lanjutan dari latar yaitu semua penjelasan, petunjuk dan keterangan dari sebuah pola yang terkoneksi satu dengan yang lain mulai dari suasana, waktu dan ruang. Elemen latar bisa di deskripsikan dan digambarkan dengan lingkungan mulai dari letak geografis, cuaca, perilaku agama, latar belakang tokoh, suhu udara, waktu kejadian dan etika masyarakat .

Latar Menurut Para Ahli

Berdasarkan Indrawati Latar adalah setting dari suatu suasana, waktu dan tempat yang dipakai untuk sebuah cerita.

Dan pada pernyataan Kusnadi menyatakan bahwa latar waktu dan tempat akan sangat menentukan esensi sebuah cerita dan kualitas yang akan diutarakan si pembuat karya sastra atau cerita.

Sedangkan dikutip dari KBBI online pengertian latar adalah keterangan tentang suasana, ruang dan waktu yang terjadi di dalam karya sastra.

Seperti yang telah dijelaskan kutipan para ahli bisa dikatakan bahwa latar adalah keterangan tentang suasana, waktu dan ruang yang ada dalam kejadian di karya sastra.

Macam-Macam Latar

Agar lebih dalam mengenai latar mari kita simak macam dan jenisnya, berikut penjelasannya:

Latar Waktu

Adalah keterangan saat aktor utama melaksanakan tindakan ketika fenomena pada cerita diceritakan. Contohnya adalah latar waktu masa depan, masa dulu, siang hari, malam hari dan pagi hari.

Latar Tempat

Adalah keterangan dimana aktor utama menjalani sebuah fenomena yang terdapat pada cerita. Contohnya adalah latar tempat di sebuah rumah, kantor, pabrik, hutan, gunung, bahkan di kutub utara.

Latar Suasana

Adalah keterangan tentang kondisi yang sedang dihadapi aktor utama saat menghadapi sesuatu. Contohnya adalah latar suasana hati ceria, sedih, gembira dan cinta.

Latar Alat

Adalah latar instrumen apapun yang dibutuhkan dan digunakan oleh aktor utama dalam sebuah cerita. Contohnya adalah pakaian, sepatu, komputer, kacamata dan jam tangan.

Fungsi Latar

Peran latar dalam sebuah cerita sendiri adalah agar pendeskripsian dan penggambaran tentang sebuah kejadian akan semakin spesifik dan jelas. Sehingga suatu karya bisa memperlihatkan detail tentang kondisi dan situasi dalam sebuah cerita atau sastra.

Simak juga: Cangkriman

Contoh Latar

Contoh Latar Suasana Pada Karya

Harisah Anis Penulis di Tripven. Sangat menyukai Sejarah dan saat ini sedang menjalani Pendidikan di UMP Purwokerto.

Majas Tautologi

Bektio Pamungkas
1 min read

Majas Metonimia

Harisah Anis
1 min read

Majas Paralelisme

Bektio Pamungkas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *