Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Sinopsis

2 min read

Ringkasan atau Sinopsis adalah

Sinopsis merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengekspresikan sebuah rangkuman dari gagasan suatu karya. Ini bisa bermanfaat agar sebuah karya bisa terdokumentasi secara singkat dalam bentuk tulisan.

Pengertian Sinopsis

Pengertian Sinopsis adalah

Sinopsis adalah inti atau rangkuman dari sebuah naskah yang mendeskripsikan kandungan dari pertunjukan atau film yang ditampilkan secara abstrak atau konkret. Sedangkan menurut KBBI bisa dilihat pada tautan ini.

Seringkali sinopsis dipakai sebagai introduksi dari sebuah naskah yang diciptakan dengan misi untuk meringankan sebuah penampilan sehingga mudah dipahami oleh audiens.

Tujuannya jelas agar sebuah teks bisa diringkas dan alur cerita bisa tersampaikan. Sinopsis kerap kali memiliki jumlah halaman yang sedikit atau seperlima dari isi teks yang digunakan.

Berdasarkan pernyataan ahli yakni Dr. Gorys Keraf, sinopsis adalah intisari precis yang sangat tepat guna untuk menampilkan sebuah teks yang banyak jadi sedikit (ringkas).

Ada pula macam lain dari sinopsis yakni sinopsis novel. Sinopsis novel adalah rangkuman cerita dari novel. Rangkuman novel merupakan rupa dari ringkasan dari cerita novel akan tetapi elemen-elemen intrinsik dari novel tetap dipertahankan.

Ketika membuat sinopsis, elemen estetik seperti penggambaran, gaya bahasa dan penjabaran akan dimusnahkan. Namun inti dari novel atau topik utama tetap dijaga.

Fungsi Sinopsis

Untuk bisa lebih dalam tentang pembahasannya, berikut adalah fungsi sinopsis:

  • Isi keseluruhan dari sebuah teks bisa lebih singkat.
  • Bisa menyajikan isi dari teks secara cepat.
  • Berguna untuk introduksi dari sebuah naskah yang akan dipresentasikan.
  • Menjadikan gambaran teks bisa tersampaikan dengan jelas dan simpel, terutama rangkaian dalam sebuah teks cerita.
  • Sebagai panduan untuk sebuah peran sehingga mereka bisa bebas melakukan pengembangan dari sebuah karakter.

Ciri-Ciri Sinopsis

Agar bisa mengetahui sebuah teks adalah sinopsis, mari simak beberapa dari ciri-ciri sinopsis:

  • Jalan/alur/plot dari cerita upayakan dibuat dengan cara runtut. Jalan cerita dari sinopsis juga diusahakan mirip dengan jalan cerita sesuai dengan teks aslinya.
  • Penulisan yang dipakai usahakan lebih persuasif.
  • Adanya dorongan dan motivasi untuk kandidat pembaca, sehingga mereka bisa lebih berminat untuk membaca buku tersebut.
  • Menyajikan kalimat yang bagus dan menarik secara jelas dan ringkas. Contohnya dengan menyajikan konflik paa sinopsis.
  • Bisa membuat kandidat pembaca bisa ingin tahu lebih lanjut/detail tentang teks/naskah.

Cara Membuat Sinopsis

  • Metode awal yang efektif untuk membuat sinopsis adalah membaca teks/buku atau naskah asli. Selanjutnya Anda bisa menganalisis dan mencermati isi, pesan dan kesan dari buku yang ditulis penulis secara keseluruhan.
  • Menulis ide utama yang terdapat di teks atau naskah. Ini bisa dilakukan dengan cara menandainya dengan menggaris bawahi sesuai keinginan.
  • Berikutnya adalah mengembangkan ide utama yang telah ditandai dengan menggunakan deskripsi singkat sesuai pemahaman.
  • Pakai narasi kalimat yang jelas, efektif dan dapat dimengerti dengan gampang. Ini agar Anda dapat menggambarkan runtutan isi cerita yang ada pada isi naskah atau teks asli.
  • Bila saat membuat sinopsis membutuhkan tambahan dialog, maka tulislah dialog intinya saja. Agar lebih terpercaya maka tambahkan detail di halaman berapa dialog tersebut dikutip.
  • Sinopsis harus jelas dan akurat sesuai dengan teks asli.

Membuat Sinopsis Sebuah Karya

Menulis Sinopsis Sebuah Karya

Hal yang dibutuhkan Saat Membuat Sinopsis

Agar dalam menciptakan sebuah sinopsis bisa lebih efektif, terdapat beberapa hal yang harus dibutuhkan seperti rencana dan strategi. Berikut beberapa hal yang bisa diandalkan saat membuat sinopsis:

Tentukan Tema

Agar dalam menciptakan sinopsis lebih ringan maka ada baiknya memutuskan tema yang akan ditulis. Contohnya adalah bila ingin mengambil tema tentang percintaan maka ada baiknya memilih sumber yang sesuai dengan elemen tersebut, misalnya film Ada Apa dengan Cinta? atau Dilan 1991. Selanjutnya adalah menganalisis ide utama dari apa yang akan disinopsiskan.

Perhatikan Alur yang Dipakai

Secara garis besar misi utama dalam menciptakan sinopsis adalah menuliskan gambaran singkat dan padat dari sebuah teks atau naskah. Sehingga penulis berkewajiban bisa menganalisis alur cerita yang akan dibuat dalam sinopsis agar pembaca mudah dalam memahami. Selain itu tentukan alur yang menarik agar pembaca bisa lebih tertantang dalam membaca. Dalam menentukan alur, penulis bisa memilih alur dari sebuah konflik untuk dijadikan bahan tulisan.

Perhatikan Penokohan

Dengan menganalisis tokoh pada sebuah cerita, penulis bisa mengeksploitasi baik buruk dari tokoh. Buatlah citra yang bisa membuat pembaca terkesan dengan sebuah karakter atau tokoh yang ada dalam naskah. Usahakan buat citra penokohan yang objektif dan disertai bumbu agar pembaca bisa semakin antusias dalam membaca.

 

Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Majas Tautologi

Bektio Pamungkas
1 min read

Majas Metonimia

Harisah Anis
1 min read

Majas Paralelisme

Bektio Pamungkas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *