Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Stilistika

1 min read

Pengertian Lengkap Stilistika

Kata stilistika kerap kali dihubungkan dengan sastra. Pada dasarnya stilistika bila diartikan pada pemahaman dan penguasaan yang lebih mudah adalah gaya bahasa. Bila diuraikan secara etimologis stilistika adalah kata yang berakar dari bahasa inggris yaitu stylistic. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Ilmu gaya bahasa.

Pengertian

Penjelasan Tentang Stilistika Secara Terminologi

Stilistika adalah sebuah ilmu gaya bahasa yang berfokus pada penjabaran gaya bahasa dan merupakan kategori dari ilmu linguistik. Ulasan tentang ilmu gaya bahasa merupakan salah satu dalam gaya bahasa lisan. Namun stilistika lebih berpusat pada ulasan gaya bahasa tulis yang didalamnya adalah karya sastra.

Stilistika berfungsi untuk memahami seorang pujangga mengapa menggunakan bahasa atau kata tertentu pada karyanya. Contohnya adalah gaya bahasa seorang penyair tertentu bisa dikomparasi dengan penyair lain.

Gaya bahasa seorang pujangga bisa dianalisis atau dijabarkan melalui cara pujangga memilih diksi dan kata. Bila disimpulkan ruang lingkup dari stilistika adalah pemilihan kosakata, majas, rima, matra dan struktur kalimat.

Stilistika adalah cara untuk menafsirkan atau mengulas karya sastra dari sisi pemakaian bahasa pada penyair.

Stilistika menurut para ahli

Panuti Sudjiman

Pada pengertian kali ini stilistika adalah ilmu yang membahas tentang cara mengulas bagaimana penyair atau pujangga membangun karya sastra. Dengan menggunakan elemen yang sesuai dengan aturan dalam bahasa.

Ratna (2009: 167)

Stilistika adalah ilmu yang berhubungan dengan gaya bahasa. Ini bisa disimpulkan bahwa stilistika adalah bagaimana pujangga atau penyair memanfaatkan bahasa sehingga dapat menyebabkan suatu hal yang berkaitan dengan faktor-faktor keindahan.

Teeuw (dalam Fananie, 2000: 25) 

Stilistika yaitu instrumen yang digunakan pujangga agar bisa memperoleh suatu misi yang berkaitan dengan bahasa untuk memperoleh keindahan. Ini berarti berhubungan dengan cara pujangga dalam mengekspresikan perasaan, pikiran dan pengetahuannya pada sebuah karya dengan ciri khasnya.

Verdonk (2002: 4)

Pada sudut pandang Verdonk stilistika adalah ilmu mengenai gaya, untuk penjabaran manifestasi yang khas dari suatu bahasa untuk menggambarkan tujuan dan akibat tertentu.

Bahasa merupakan sesuatu yang khas dari karya sastra. Ini tentu berbeda dengan bahasa pada sebuah karya yang bukan sastra. Maka dari itu penjabaran pada bahasa sastra memerlukan penjabaran yang khusus. Sehingga stilistika sebagai sebuah teori memerlukan cara khusus untuk menjabarkan bahasa dari naskah sastra.

Tujuan Stilistika

  • Aktivitas untuk menemukan fungsi estetik dari karya sastra.
  • Cara mengukur karya sastra atau cara mengapresiasi sastra.
  • Metode untuk menemukan fakta linguistik.

Manfaat Stilistika

  • Sisi artistik dari bahasa pada sebuah karya sastra akan semakin ketara dan terbuktikan karena keindahan itu ada parameternya.
  • Keartistikan karya sastra bisa diuraikan dan dijelaskan karena ada parameter keindahan yang baku dari bahasa di karya sastra.
  • Sebagai panduan bagi para pembaca bagaimana cara menikmati karya sastra.
  • Sebagai panduan bagi pembuat karya sastra untuk bahan refleksi dan evaluasi agar karya sastra berikutnya bisa lebih baik dan bisa diperbaiki.
  • Penikmat atau pembaca bisa kritis dengan bahasa yang dipakai pada sebuah karya satu dengan karya lain.

Baca juga: Rima Dalam Puisi

Contoh Stilistika

Terdapat beberapa contoh dari makna stilistika, yang dibagi menjadi empat.

Contoh Stilistik Perulangan dan Pertentangan

Contoh Stilistik Pertentangan dan Perulangan

Contoh Stilistik Perbandingan dan Pertautan

Contoh Stilistik Pertautan dan Perbandingan

Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Majas Tautologi

Bektio Pamungkas
1 min read

Majas Metonimia

Harisah Anis
1 min read

Majas Paralelisme

Bektio Pamungkas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *