Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Citraan Dalam Puisi

2 min read

Citraan Dalam Puisi

Dalam menikmati karya sastra, terkadang penikmat harus jeli dalam menerjemahkan sebuah karya dari seorang penulis/pencipta.

Karena dalam setiap karya ada suatu makna/arti yang bisa disampaikan secara tersirat dan tersurat. Tentu pemaknaan atau penerjemahan suatu karya tergantung dari subjek masing-masing penikmat.

Dalam puisi terdapat citraan yang mana bisa berfungsi sebagai fondasi dari sebuah karya agar penikmat karya dalam puisi bisa lebih memahami isi dari puisi.

Pengertian Citraan Puisi

Citraan adalah instrumen kepuitisan yang difungsikan oleh sastrawan penulis agar imaji perasaan dan pikiran dari penikmat atau pembaca puisi menjadi kuat.

Instrumen citraan ini sangat berhubungan dengan apa yang dialami oleh sastrawan yang berkaitan dengan panca indra dalam mengekspresikannya pada puisi.

Sering kali sastrawan/pujangga menyajikan citraanya dengan bahasa verbal secara implisit dan eksplisit. Manfaat dari citraan puisi adalah agar makna yang diekspresikan penulis bisa kuat.

Seringkali citraan pada puisi diekspresikan dengan cara deskripsi imajinatif yang dilontarkan dengan kata-kata. Kerap kali dalam menghasilkan citraan dalam puisi, penulis akan menyampaikannya dengan menggunakan dua gagasan utama berupa pendeskripsian dan metafora.

Citraan juga dimanfaatkan oleh sastrawan untuk mendorong pembaca agar bisa memahami apa yang dirasakan oleh penulis.

Selain itu citraan juga dipakai sastrawan agar penikmat bisa merasakan berbagai rasa yang bisa mewakili ekspresi atau pesan dari penulis puisi. Penikmat akan dibawa ke dalam imajinasi yang bisa merangsang panca indera seperti merasa, mengecap, mencium, melihat dan membau.

Macam-macam Citraan dalam Puisi

Bagi Anda yang ingin mengerti dan memahami lebih dalam tentang citraan pada puisi. Bisa mulai dengan mengenal macam citraan, berikut beberapa macam citraan beserta penjelasannya serta contoh citraan dalam puisi:

Citraan Pendengaran (auditory imagery)

Pada citraan ini, puisi akan diciptakan agar penikmat puisi bisa merasakan suatu hal yang berhubungan dengan bunyi pada indra pendengaran.

Metode sastrawan dalam mengungkapkan citra ini adalah dengan menjabarkan sebuah bunyian dalam isi puisi. Dalam puisi yang mengandalkan citraan ini biasanya akan muncul diksi seperti dentuman, sunyi, pecah dsb.

Sastrawan yang kerap melakukan citraan ini adalah seorang sastrawan auditif. Agar lebih paham simak contoh puisi di bawah ini.

analisis citraan dalam puisi

Citraan Penciuman (gustatory)

Dalam citraan ini, puisi akan diciptakan dengan merangsang indra penciuman agar seakan-akan pembaca bisa mencium suatu bau dalam sebuah karya puisi. Citra ini cukup susah untuk diekspresikan dalam karya puisi karena efek bau adalahi pengalaman yang sangat subjektif. Citra penciuman ini menuntut penulis agar bisa lebih lihai.

Citraan Dalam Puisi

Citraan Perabaan (tactile imagery)

Pada citra ini, puisi akan dibuat agar pembaca bisa menikmati puisi seakan-akan bisa meraba sesuatu. Ini berasal dari stimulus yang dibuat oleh sastrawan pada isi puisi. Citraan ini hampir sama dengan citra gerak sebab penikmat bisa merasakan apa yang diungkapkan puisi.

Dalam citraan ini penulis disarankan untuk memilih diksi yang bisa membuat pembaca bisa merasakan peraba seperti halus, kasar dan lembut. Berikut contohnya:

teks puisi yang menggunakan citraan penglihatan

Baca juga: Rima Dalam Puisi

Citraan Gerak (olfactory)

Dalam citraan ini, pembaca akan merasakan rangsangan berupa gerakan dari sebuah entitas yang bisa berwujud manusia atau mesin. Citraan gerak ini bisa menunjukan suatu maksud dari sebuah gerakan. Meskipun entitas tersebut tidak bergerak tapi penikmat bisa merasakan gerakan tersebut dalam imajinasinya. Contoh puisi di bawah ini mungkin bisa mewakili.

citraan apakah yang terdapat dalam puisi nabati tersungkur

Citraan Penglihatan (Visual Imagery)

Pada citraan ini, puisi akan dibuat agar pembaca bisa seakan-akan bisa menggambarkan dan memandang apa yang penulis puisi sisipkan dalam puisinya. Citraan penglihatan ini adalah hal yang sering dijumpai pada sebuah karya puisi. Sebab hampir semua pembaca bisa membayangkan suatu hal.

Stimulus yang dibuat sastrawan bisa berdampak pada imajinasi pembaca seolah olah bisa melihat dan nyata pada isi puisi.

Puisi Melatiku

Baca juga: Musikalisasi Puisi

Citraan Pengecap (kinaesthetic imagery)

Ketika citraan ini dibuat, penulis puisi akan memberikan stimulus deskripsi mengenai indera pengecap. Implementasi citraan ini bisa dilakukan dengan menulis puisi yang berkaitan langsung dengan rasa dalam mengecap, terutama pada rasa makanan.

Pada bagian ini penikmat puisi akan dibawa ke rasa yang bisa dibayangkan pada indera pengecap seperti manis, pedas, asin dan gurih. Karya puisi yang relevan dengan indera ini bisa dibaca di bawah.

Secangkir dan kenangan puisi abdul malik

Citraan dalam Puisi Karya Sastra Kontemporer

Dalam karya sastra kontemporer sekarang ini, para ahli sastra mempunyai citraan lain yang bisa menjadi referensi baru yang patut dipertimbangkan, berikut adalah citraan dengan penjelasan dan contohnya:

Citraan Perasaan

Puisi adalah ekspresi dari rasa dari seorang sastrawan dari rasa gelisah atau rasa senang dsb. Agar bisa mengekspresikan hal tersebut dengan baik, mereka kerap kali memakai bahasa tertentu untuk merepresentasikan perasaanya. Ini juga yang menjadikan pembaca/penikmat puisi bisa ikut larut dengan karya puisi.

Rasa yang bisa ditimbulkan bisa seperti rasa galau, cemas, sedih, ceria, bahagia dan marah.

Puisi Toto Sudarto Wajah

Citraan Intelektual

Citraan ini merupakan citraan yang mengekspresikan istilah intelektual. Agar lebih jelas, bisa lihat contoh di bawah:

Contoh puisi yang banyak mengandung citraan terlihat berikut ini.

Citraan Puisi pada puisi duka

Ginanjar Adhi Anjar adalah penulis di tripven dengan spesialis marketing dan bahasa dalam pembelajaran.

Puisi Lama

Bektio Pamungkas
2 min read

Musikalisasi Puisi

Harisah Anis
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *